Urgensi Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin Remaja di KUA Bangsalsari, Skripsi Prodi Bimbingan dan Konseling Islam.

Alfi Fadilah, Istidamatul (2019) Urgensi Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin Remaja di KUA Bangsalsari, Skripsi Prodi Bimbingan dan Konseling Islam. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkawinan merupakan harapan yang dimiliki setiap pasangan dalam mewujudkan keluarga harmonis dan kokoh. Persoalan-persoalan yang muncul dari berbagai sisi hingga menggoyahkan komitmen pasangan, perceraian menjadi solusi mereka dalam memutuskan perkara. Banyaknya pasangan usia muda yang terlalu cepat memutuskan pernikahan merupakan salah satu faktor penyebab.. Dengan adanya pelatihan bimbingan perkawinan bagi catin yang dilaksanakan di KUA, kegiatan yang bertujuan khusus untuk melatih dan membekali calon pengantin. Masalah inilah yang menarik perhatian penulis untuk mengkaji kegiatan bimbingan perkawinan yang diselenggarakan di KUA Bangsalsari . Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana bimbingan perkawinan bagi calon pengantin remaja itu dapat berlangsung? Dan bagaimanakah pelaksaan kepenasehatan untuk calon pengantin remaja yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Bangsalsari. Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah untuk meneliti kegiatan Pembimbingan catin dalam kegiatan binwin yang diselenggarakan KUA Bangsalsari dan kegiatan kepenasehatan yang diberikan kepada peserta catin di KUA Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field reaserch) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Tujuannya adalah agar dapat menguraikan hasil analisis dengan detail. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi catin remaja di KUA Bangsalsari. Yaitu terkait Kesadaran Calon Pengantin, Strategi KUA menekan buku nikah catin, menggunakan metode ceramah, diskusi, dan games interaktif, Tidak ada perlakuan khusus catin dewasa dan catin remaja dibinwin, Menerapkan 4 pilar keluarga sakinah. Adapun pelaksaan kepenasehatan kegiatan binwin menemukan bahwa kepenasehatan bimbingan perkawinan dilakukan oleh tenaga professional dari Kementrian Agama, pelatihan materi penggelolaan konflik terhadap catin, Memberikan bimbingan pola asuh anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:12
Last Modified: 25 Oct 2022 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13971

Actions (login required)

View Item View Item