Pola Manajemen Anak Asuh Di Panti Asuhan Cahaya Darul Ulum (Cadar ) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anak Di Desa Talang Jenggawah Jember

MAZIDAH, ZULFA (2019) Pola Manajemen Anak Asuh Di Panti Asuhan Cahaya Darul Ulum (Cadar ) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anak Di Desa Talang Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ZULFA MAZIDAH_D20154014.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Panti Asuhan adalah tempat salah satu lembaga sosial yang mendidik dan membina anak yang memiliki masalah sosial seperti yatim piatu, kemiskinan, penceraian orang tua dll, maka dari itu melalui panti asuhan anak-anak diasuh, dibina, dan didik, dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat mengembalikan kepercayaan diri mereka dan memiliki masa depan yang jelas. Dengan mengetahui keistimewaan dan mengutamakan merawat anak yatim, maka kesejahteraan anak harus diperhatikan sejak dini terutama terpenuhinya kebutuhan pokok yang mencangkup kebutuhan pangan, papa, dan sandang. Maka dari itu dibutuhkan sebuah manajemen, islam sangat menekankan pentingnya manajemen dalam setiap aktivitas karna aktivitas akan lancar apabila didasarkan pada manajemen yang sehat. Adapun fokus penelitian penelitian yang di bahas dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana pola perencenaan anak asuh di panti asuhan cadar dalam meningkatkan kesejahteraan anak? 2) Bagaimana pola pengorganisasian di panti asuhan cadar dalam meningkatkan kesejahteraan anak? 3) Bagaimana pola pengarahan dipanti asuhan cadar dalam meningkatkan kesejahteraan anak? 4) Bagaimana pola pengawasan di panti asuhan cadar dalam meningkatkan kesejateraan anak?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencenaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengawasan dalam meningkatkan kesejahteraan anak. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purpose sampling. Tehnik pengumpulan datanya mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian yang telah peneliti temukan adalah 1) Pola perencenaan anak asuh di panti asuhan dalam meningkatkan kesejahteraan anak berjalan dengan baik. Dalam membuat rencana yang dilakukan dilembaga tersebut pertama membentuk kepribadian anak asuh, a)pembinaan spiritual b)bimbingan belajar c)pembinaan memasak, kedua layanan hak anak asuh a)terpenuhinya pendidikan b)terpenuhinya papan c)terpenuhinya sandang dan pangan. 2) Pola pegorganisasian anak asuh di panti asuhan cadar dalam meningkatkan kesejahteraan anak terlaksana dengan baik. Yayasan memberikan tugas berkelompok serta menetapkan peraturan bermacam-macam serta aktivitas dalam mencapai tujuan 3) Pola pengarahan anak asuh di panti asuhan cadar dalam meningkatkan kesejteraan anak berjalan dengan baik. Pembina atau pengasuh selalu memberikan motivasi terhadap anak-anak agar anak dapat percaya diri serta merubah kebiasaankebiasaan buruk anak. 4) Pola pengawasan anak asuh di panti asuhan cadar dalam meningkatkan kesajteraan anak berjalan dengan baik. Pengawasan yang diberikan pegasuh terhadap semuanya yakni bersifat evaluasi, yang mana evaluasi merupakan proses menentukan nilai untuk suatu hal atau objek yang berdasarkan pada acuan-acuan tertentu untuk menentukan tujuan tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:07
Last Modified: 25 Oct 2022 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13973

Actions (login required)

View Item View Item