Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Sistem Jual Beli Pupuk Paketan Menurut Perspektif Undang-Undang Perdlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999Di Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember

ROHMAN, FATHUR (2019) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Sistem Jual Beli Pupuk Paketan Menurut Perspektif Undang-Undang Perdlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999Di Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
FATHUR ROHMAN_083132056.pdf - Submitted Version

Download (21MB)

Abstract

Praktik jual beli merupakan bentuk muamalah yang melibatkan dua pihak yaitu penjual dan pembeli, dimana satu pihak memiliki barang dan pihak lain ada yang membutuhkanya. Dimana pelaksanaanya dilakukan dengan tukar-menukar suatu barang dengan harga yang disepakati bersama. Demikian halnya praktik jual beli yang dilakukan di Desa Umbulsari Kecamatan Umbulari Kabupaten Jember. Peneliti memilih lokasi tersebut berdasarkan dengan alasan karena pupuk di jual secara paketan, Yang dimaksud jual beli pupuk paketan disini adalah jual beli pupuk anorganik subsidi maupun non subsidi yang dalam pemasaranya pembeli di wajibkan untuk membeli pupuk organik sebagai tambahanya. Dari titik persoalan tersebut maka tentu sangat menarik untuk diteliti. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana sistem jual beli pupuk paketan di desa Umbulsari kecamatan Umbulsari kabupaten Jember? 2) Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen dalam system jual beli pupuk paketan menurut perspektif undangundangperlindungankonsumennomor 8 tahun 1999 di desa Umbulsari kecamatan Umbulsari kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1)mendeskripsikan sistem jual beli pupuk paketan di desa Umbulsari kecamatan Umbulsari kabupaten Jember, 2) mendeskripsikan perlindungan hukum terhadap konsumen dalam sistem jual beli pupuk paketanmenurut perspektif undang-undang perlindungan konsumen nomor 8 tahun 1999 di desa Umbulsari kecamatan Umbulsari kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui field research (penelitian lapangan) untuk menganalisisperlindungan hukum terhadap konsumen dalam sistem jual beli pupuk paketan di desa Umbulsari kecamatan Umbulsari kabupaten Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara (interview) dan dokumenter. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Hampir seluruh petani di Desa Umbulsari resah dengan praktik jual beli dengan sistem paketan karena secara tidak langsung penjual memaksa para petani untuk membeli pupuk dengan sistem yang mereka buat dan pengecer akan menjual pupuk bersubsidi tersebut kepada konsumen lain meskipun bukan termasuk wilayah peruntukannya. 2) Di kawasan kecamatan dan desa Umbulsari terdapat lembaga yang dikhususkan untuk memantau peredaran penjualan pupuk seperti Panitia Penyulih Lapangan (PPL) dan Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP). Akan tetapi masih belum terlaksana sepenuhnya. Hal tersebut merupakan upaya dari pemerintah setempat untuk memberikan perlindungan kepada konsumen sesuai dengan hukum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:06
Last Modified: 25 Oct 2022 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13980

Actions (login required)

View Item View Item