Efektivitas Layanan Pegadaian Syariah Digital Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Untuk Investasi Emas Di PT. Pegadaian (Persero) Syariah UPS Karimata Situbondo

Putri, Nabila Diana (2022) Efektivitas Layanan Pegadaian Syariah Digital Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Untuk Investasi Emas Di PT. Pegadaian (Persero) Syariah UPS Karimata Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NABILA DIANA PUTRI E20181087.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nabila Diana Putri, Muhammad Saiful Anam M,Ag. 2022: Efektivitas Layanan Pegadaian Syariah Digital Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Untuk Investasi Emas di PT. Pegadaian(Persero) Syariah UPS Karimata Situbondo.
Pegadaian Syariah melakukan transformasi perusahaan dengan meluncurkan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital untuk memperbesar target pasar hingga ke generasi milenial, Pegadaian Syariah Digital Pegadaian Syariah Dikembangkan pada tahun 2019 oleh PT.Peagadaian Syariah UPS Karimata Situbondo untuk mempermudah dalam bertransaksi ataupun berinvestasi emas, emas merupakan primadona investasi karena nilahnya tidak pernah turun setiap tahun. Kemudahan dalam transaksi investasi dengan adanya layanan pegadaian syariah digital harusnya mampu menarik minat masyarakat dalam berinvestasi emas.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu :1)Bagaimana operasionallayanan pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian (Persero) Syariah UPS Karimata Situbondo?. 2)Bagaimana efektivitas layanan aplikasi pegadaian syariah digital dalam meningkatkan minat masyarakat untuk berinvestasi emas di PT.Pegadaian (Persero) Syariah Ups Karimata Situbondo?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan operasional pelayanan aplikasi pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian (persero) Syariah Ups Karimata Situbondo. 2) Untuk menganalisis efektivitas layanan aplikasi pegadaian syariah digital dalam meningkatkan minat masyarakat untuk berinvestasi emas di PT. Pegadaian (Persero) Syariah Ups Karimata Situbondo.
Dalam rangka mengkaji permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dalam penelitian ini penelitian menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dalam penelitian ini: 1.Operasional pegadaian syariah digital semakin berkembang dengan adanya mekanisme mulai dari fitur pendaftaran serta fitur pembayaran dan pembelian emas dan juga fitur layanan MPO. Agar dapat menggunakan fitur jual transfer dan cetak emas, nasabah harus melakukan aktivasi financial dan mendaftarkan nomer rekening bank ke outlet Pegadaian Syariah . 2. Hadirnya PSD sebagai layanan pegadaian syariah terbukti efektif dalam meningkatkan minat masyarakat untuk investasi emas di PT. Pegadaian (Persero) Ups Karimata Situbondo hal tersebut dikarenakan Prinsip Pelayanan Prima yang terpenuhi secara maksimal hal tersebut dibuktikan dengan perkembangan jumlah nasabah sebelum dan sesudah adanya aplikasi PSD.
Kata Kunci : Efetivitas,Pegadaian Syariah Digital, Investasi Emas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Nabila Diana Putri
Date Deposited: 25 Oct 2022 08:00
Last Modified: 25 Oct 2022 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13987

Actions (login required)

View Item View Item