Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

FITRIYAH, NUR DIANA (2020) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
NUR DIANA FITRIYAH_T20154015.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Motivasi belajar peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler dan yang tidak mengikutinya, diketahui bahwa sebagian peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler memiliki motivasi belajar yang kuat. Hal ini ditunjukkan dengan keaktifan saat pembelajaran di kelas, seperti sering bertanya jika belum paham materi, berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dan kehadiran mereka saat proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan peserta didik yang lainnya kurang memiliki motivasi belajar yang dibuktikan dengan kurang memperhatikan saat pembelajaran berlangsung, tidak bisa menjawab ketika diberi pertanyaan oleh guru dan sering izin ke kamar mandi agar tidak mengikuti pembelajaran di kelas. Hal ini menjadi perhatian bagi peneliti dan tertarik untuk mengetahui pegaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar siswa di MIN 3 Jember. Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar siswa di MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ?. Sedangkan sub rumusan masalah penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar instrinsik siswa di MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ?, 2) adakah pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar ekstrinsik siswa di MIN 3 Jember tahun pelajaran 208/2019 ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini semua siswa/siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sebanyak 67 siswa. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dengan SPSS 22 dan uji reliabilitas menggunakan teknik belah dua (split half method) yang diperkenalkan oleh Spearmen-Brown. Dari hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) ada pengaruh signifikan kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar siswa di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Adapun besar pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar siswa sebesar 23,5%. 2) Ada pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar instrinsik siswa di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Adapun besarnya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar siswa sebesar 12%. 3) Ada pengaruh signifikan kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar siswa di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Adapun besar pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar siswa sebesar 26,3%. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler maka semakin baik atau tinggi pula motivasi belajar yang dimilikinya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:09
Last Modified: 25 Oct 2022 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13991

Actions (login required)

View Item View Item