Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Wati, Sudira (2020) Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Sudira Wati_T20154086.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Metode resitasi sangatlah penting digunakan dalam proses belajar mengajar terutama pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini problem yang ada di kelas VB terdapat siswa ramai di kelas, siswa masih rendah dalam dalam kognitifnya, siswa merasa malas dengan pembelajaran atau kegiatan belajar yang sedang berlangsung sehingga mengakibatkan siswa kurang mampu memahami apa yang disampaikan oleh guru dan dapat bepengaruh kepada kemampuan siswa. Oleh karenanya begitu penting Penggunaan metode resitasi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Fokus penelitian ini terdiri dari tiga hal, yaitu: (1) Bagaimana fase pemberian tugas metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 5 Jember? (2) Bagaimanan fase pelaksanaan tugas metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 5 Jember? (3) Bagaimana fase pertanggungjawaban tugas metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 5 Jember? Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penentu subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Sementara pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data, penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif model interaktif. Adapun untuk menguji keabsahan, peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Penelitian ini menghasilkan (1) Dalam fase pemberian tugas metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 5 Jember yaitu guru memberikan tugas dengan membaca LKS Sejarah Kebudayaan Islam dengan materi Keperwiraan Nabi Muhammad SAW. Mempertahankan Kota Madinah. Guru memberikan tugas berupa soal dalam bentuk jawaban singkat, guru memberikan petunjuk yang dapat membantu dan memberikan waktu yang cukup dalam mengerjakan tugas.(2) Pelaksanaan tugas metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 5 Jember yaitu siswa diminta mengerjakan soal yang ada di lembaran dan diberikan bimbingan dan pengawasan dengan berkeliling ke bangku siswa untuk memastikan apakah siswa mengerjakan tugas atau tidak, diberikan dorongan sehingga anak mau melaksanakannya, diusahakan atau dikerjakan oleh anak sendiri. (3) Fase pertanggungjawaban tugas metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 5 Jember yaitu guru memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa kemudian siswa yang mendapatkan nilai tertinggi diminta maju ke depan mempertanggungjawabkan pekerjaannya (menjawab pertanyaan tanpa melihat jawaban) setelah itu guru memberikan penghargaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:23
Last Modified: 25 Oct 2022 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13992

Actions (login required)

View Item View Item