Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di MI Fathus Salafi Ajung Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Munawaroh, Homsiatul (2019) Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di MI Fathus Salafi Ajung Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Homsiatul Munawaroh_084158019.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Belajar adalah proses bagi siswa dalam membangun gagasan atau pemahaman sendiri, maka kegiatan pembelajaran hendaknya memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan secara lancar dan termotivasi. Suasana belajar yang diciptakan guru harus melibatkan siswa secara aktif, misalnya mengamati, bertanya dan menanyakan, menjelaskan, mempraktikkan, dan sebagainya. Pemilihan penerapan pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran harus berorientasi pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Selain itu, juga harus disesuaikan dengan jenis materi, karakteristik siswa, serta situasi atau kondisi dimana proses pembelajaran tersebut berlangsung. Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi fokus masalah penelitian skripsi ini adalah : Proses Perencanaan Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Prestasi Belajar di Mi Fathus Salafi Ajung Tahun Pelajaran 2018/2019, Pelaksanaan Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Prestasi Belajar di Mi Fathus Salafi Ajung Tahun Pelajaran 2018/2019, Evaluasi Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Prestasi Belajar di Mi Fathus Salafi Ajung Tahun Pelajaran 2018/2019 Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan penentuan subyeknya menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari analisa data hasil wawancara yang dilakukan tersebut diperoleh beberapa kesimpulan yaitu : Secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran TGT Pada Mata Pelajaran Tematik Semester Genap di Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Tahun Pelajaran 2018/2019 sudah berjalan dengan lancar, hal ini sudah sangat begitu nampak dari penerapan pembelajaran TGT disekolahan tersebut yang sudah tidak lagi bersifat konvensional dengan adanya undang-undang baru dan dengan adanya sertifikasi guru maka para guru di MI Fathus Salafi Ajung sudah banyak menggunakan pembelajaran aktif. Sedangkan kesimpulan khususnya adalah :. Dalam proses pembelajaran tersebut pada mata pelajaran tematik sangat berkaitan, sehingga dengan penerapan pembelajaran TGT ini siswa yang ada di MI Fathus Salafi Ajung akan mudah mencerna dan memahami materi pelajaran yang terlalu banyak dan padat tersebut sehingga penerapan dan pemahaman siswa akan memproduk mereka menjadi siswa yang kritis dan kreatif. Sedangkan Pelaksanaan penerapan pembelajaran di MI Fathus Salafi Ajung, siswa sangat senang karena mempraktikkan materi tersebut disuasana yang sebenarnya. Dengan melibatkan keseluruhan siswa dan dengan adanya inovasi yang baru pada pembelajaran sehingga suasana kelas akan menjadi aktif, efektif dan menyenangkan. Dan Evaluasi Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT dalam Efektivitas Pembelajaran Pada mata pelajaran Tematik di MI Fathus Salafi Ajung sudah efektif dan efesien, karena siswa sudah dibawa untuk memproses informasi atau pengetahuan baru sedemikian rupa sehingga dapat terserap kedalam benak mereka dan mereka mampu menghubungkannya dengan kehidupan nyata yang ada di sekitar mereka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:46
Last Modified: 25 Oct 2022 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item