Latifah, Siti Wardatul (2019) Pengaruh Interaksi Sosial Siswa Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Di Mima Condro Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Siti Wardatul Latifah_T20154063.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan hasil belajar yaitu faktor eksternal salah satunya interaksi sosial. Di MIMA Condro Jember terdapat siswa yang tidak menyukai matematika oleh karena itu berdampak terhadap hasil belajarnya yang hanya cukup dengan standar KKM. Hal ini dikarenakan siswa kesusahan dalam memahami konsep pembelajaran dan juga rendahnya interaksi sosial siswa dengan siswa yang lainnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana interaksi sosial siswa pada pembelajaran matematika?, 2) Adakah pengaruh interaksi sosial siswa proses asosiatif terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika?, 3) Adakah pengaruh interaksi sosial siswa proses disosiatif terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika?, 4) Adakah pengaruh secara bersamaan antara interaksi sosial siswa proses asosiatif dan proses disosiatif terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika sisw kelas V di MIMA Condro Jember tahun pelajaran 2018/2019?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui interaksi sosial siswa pada pembelajaran matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial siswa proses asosiatif terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika. 3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial siswa proses disosiatif terhadap hasil belajar pembelajaran matematika. 4) Untuk mengetahui pengaruh secara bersamaan antara interaksi sosial siswa proses asosiatif dan proses disosiatif terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika sisw kelas V di MIMA Condro Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 45 siswa. Pengumpulan data pada penelituan ini yaitu angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan dua analisis yaitu analisis deskriptif dengan mencari prosentase masingmasing kategori dan analisis korelasional dengan menggunakan Regresi Linier Berganda. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa : 1) Interaksi sosial siswa kelas V pada pembelajaran matematika di MIMA Condro Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh dalam kategori Cukup-Cukup (CC) dengan persentase 43%. 2.) Terdapat pengaruh positif antara interaksi sosial siswa proses asosiatif (X1) terhadap hasil belajar (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung 2,317 > 2,018, koefisien regresi (b1) sebesar 0,069 dan nilai signifikan sebesar 0,655 > 0,05. 3) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari variabel interaksi sosial proses disosiatif terhadap hasil belajar pada pelajaran matematika. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan nilai thitung thitung - 2,440 > 2,018, nilai koefisien regresi (b2) sebesar -0,118 dan nilai signifikan korelasi sebesar 0,655 > 0,05. Dari hasil uji koefisien korelasi variabel X dan Y diperoleh 89% dipengaruhi oleh variabel interaksi sosial siswa proses asosiatif (X1) dan variabel interaksi sosial siswa proses disosiatif (X2) sisanya 11% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 08:03 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 08:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13994 |
Actions (login required)
View Item |