Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kitab Al Akhlaq li Al Banin di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember

FATHULLOHU, AINI (2022) Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kitab Al Akhlaq li Al Banin di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember. Masters thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text
Fathul watermak fx .pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Fathullohu Aini, 2022. Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kitab al-Akhlaq li al-Banīn Di SMP Plus Darus Sholah Jember Pembimbing I : Dr. H. Mustajab, M.Pd.I Pembimbing II : Dr. H. Syamsul Anam, M.Pd
Kata Kunci : Penanaman, al-Akhlaq li al-Banīn, Pendidikan Karakter, Akhlaq
Penamanan nilai pendidikan kakarakter sejak dini sangat penting diterapkan dalam rangka membentuk sifat dan watak anak agar senantiasa berlaku baik dikemudian hari, nilai karakter bisa bersumber dari ajaran agama yakni salah satunya adalah kitab karangan para ulama yang membahas tentang Akhlaq, karena melihat realita di zaman sekarang moral para siswa disekolah mengalami degradasi sehingga perlu pembugaran sekaligus pembentengan dari perilaku moral yang buruk.
Fokus Kajian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penanaman karakter jujur pada siswa melalui pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-Banīn di SMP Plus Darus Sholah Jember (2) Bagaimana penanaman karakter sopan santun pada siswa melalui pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-Banīn di SMP Plus Darus Sholah Jember (3) Bagaimana penanaman karakter rendah hati pada siswa melalui pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-Banīn di SMP Plus Darus Sholah Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penanaman karakter jujur pada siswa melalui pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-Banīn di SMP Plus Darus Sholah Jember (2) Mendeskripsikan penanaman karakter sopan santun pada siswa melalui pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-Banīn di SMP Plus Darus Sholah Jember (3) Mendeskripsikan penanaman karakter rendah hati pada siswa melalui pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-Banīn di SMP Plus Darus Sholah Jember.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana J 2014. Dengan langkah-langkah kondensasi data, display data, dan verifikasi data. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif, sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar yaitu (1) Penanaman karakter jujur adalah dengan proses belajar mengajar kitab al-Akhlaq li al-Banīn disertai pemberian nasehat, pembiasaan dan keteladanan, baik dari para guru dan seluruh staff di dalam sekolah (2) Penanaman karakter sopan santun adalah dengan proses belajar mengajar kitab al-Akhlaq li al-Banīn disertai pemberian nasehat, pembiasaan dan keteladanan serta pengawasan dan sanksi (punishment) (3) Penanaman karakter rendah hati adalah dengan proses belajar mengajar kitab al-Akhlaq li al-Banīn disertai pemberian nasehat, pembiasaan dan keteladanan baik dari para guru dan semua komponen sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Fathul Fathullohu Aini
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:59
Last Modified: 25 Nov 2022 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14000

Actions (login required)

View Item View Item