Perhitungan Awal Bulan Alif-Rabu-Wage Pada Masyarakat Desa Sumber Rejo Kecamatan Sumber Baru Kabupaten Jember Dalam Perspekti Hukum Islam

Julaiha, Siti (2020) Perhitungan Awal Bulan Alif-Rabu-Wage Pada Masyarakat Desa Sumber Rejo Kecamatan Sumber Baru Kabupaten Jember Dalam Perspekti Hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Siti Julaiha_S20151052.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Aboge merupakan sistem penanggalan dalam Jawa Islam yang menurut siklusnya tidak lagi cocok diterapkan pada zaman sekarang, karena siklus Aboge seharusnya sudah di nasakh ke siklus Asapon. Selain tu, Aboge merupakan hisab urfi yang hanya memakai perkiraan sehingga kurang relevan jika dijadikan pedoman untuk menentukan awal bulan Kamariah. Namun pada masyarakat Desa Sumber Rejo Kecamatan Sumber Baru Kabupaten Jember masih menggunakannya dalam penentuan awal Bulan, sehingga Penulis tertarik untuk mengkajinya. Penelitian ini akan membahas terkait tentang 1) Apa latar belakang atau dasar yang di gunakan dalam perhitungan awal bulan alif-rabu-wage di desa sumber rejo kecamatan sumber baru kabupaten jember? 2) Bagaimana pelaksanaan perhitungan alif-rabu-wage di desa sumber rejo kecamatan sumber baru kabupaten jember menurut perspektif hukum islam? 3) Apa dampak pelaksanaan perhitungan awal bulan alif-rabu-wage di desa sumber rejo kecamatan sumber baru kabupaten jember pada pelaksanaan hukum islam? Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research). Adapun dalam metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara (Interview), observasi (Observation), dan dokumentasi (Documentation). Data yang diperoleh secara deskriptif dianalisis yaitu mendeskripsikan eksistensi penggunaan hisab Aboge oleh masyarakat Desa Sumber Rejo Kecamatan Sumber Baru Kabupaten Jember dan alasan penggunaannya. Penelitian ini menghasilkan Tiga kesimpulan, yaitu: 1) Dasar yang di gunakan untuk menentukan awal bulan menurut perhitungan aboge. 2) ketidak relevanan dalam penetapan Awal Bulan menurut Aboge. 3) penggunaan hasil perhitungan Aboge tidak cocok digunakan untuk digunakan dalam hal beribadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:44
Last Modified: 26 Oct 2022 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14017

Actions (login required)

View Item View Item