Perlindungan Hukum Terhadap Wisatawan Pengguna Jasa OJek Troli Perspektif Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi kasus digunung ijen/Kawah Ijen Bondowoso).

ANDI LANATA, AYUB FUJA EKA (2019) Perlindungan Hukum Terhadap Wisatawan Pengguna Jasa OJek Troli Perspektif Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi kasus digunung ijen/Kawah Ijen Bondowoso). Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
AYUB FUJA EKA ANDI LANATA_083 142 056.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya aktivitas wirausaha di bidang jasa yang dilakukan di Kawah Ijen, usaha tersebut yakni jasa ojek troli yang mana adanya hanya di jalur pendakian Kawah Ijen., dengan keadaan jalur track yang curam dan berbahaya. Selain itu tidak ada kepastian hukum yang jelas terhadap keselamatan konsumen sesuai dengan yang ada di Undang-undang Perlindungan Konsumen.Oleh karena itu masalah ini mertarik untuk diteliti. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perlindungan hukum bagi keselamatan konsumen ojek troli di kawah ijen Bondowoso? 2) Bagaimana perlindungan hukum bagi keselamatan konsumen ojek troli di kawah ijen Bondowoso perspektif Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perlindungan hukum bagi keselamatan konsumen ojek troli di Kawah Ijen Bondowoso. 2) Untuk mengetahui perlindungan hukum bagi keselamatan konsumen ojek troli di Kawah Ijen Bondowoso perspektif Undang-undang Nomor. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan bentuk narasi. Data didapat dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan Keabsahan data yang dilakukan dengan trianggulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1)dalam praktiknya perlindungan hukum bagi pengguna ojek troli meliputi tentang Hak Konsumen, Kewajiban Konsumen dan Jaminan atas Kenyamanan, keamanan, dan keselamatan konsumen di kawah ijen. Hal ini di mulai dari hak konsumen yang belum terpenuhi yang memang sesuai dengan Undang undang dan juga mengenai jaminan yang masih belum ada secara jelas.2) Perspektif Undang undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dalam praktik penggunaan Ojek troli di Kawah ijen tidak sesuai dengan Pasal 2, Pasal 3, Pasal 4 dan Pasal 7 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen karena para pelaku usaha tidak memberikan jaminan secara utuh seperti yang ada di Undang-undang.3) perspektif Etika Bisnis dalam Islam dalam hal ini masih belum sesuai dengan prinsip-prinsip dalam etika bisnis dalam islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:43
Last Modified: 26 Oct 2022 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item View Item