Penerapan Metode Tebak Gambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Membentuk Karakter Siswa Kelas II Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Jambuan Plalangan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

HIKMAH, FAIQOTUL (2019) Penerapan Metode Tebak Gambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Membentuk Karakter Siswa Kelas II Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Jambuan Plalangan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
FAIQOTUL HIKMAH_T20154031.pdf - Submitted Version

Download (60MB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka membentuk siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya. Hal itu akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk berperan dalam kehidupan masyarakat. Pengajaran atau pelajaran bertugas mengarahkan proses ini agar sasaran dari perubahan itu dapat tercapai sebagaimana yang diinginkan. Pada kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di MI Al-Azhar Jambuan Plalangan Kalisat terdapat beberapa masalah yaitu kurangnya pendidikan karakter dalam aspek sikap, kreatif dan tanggung jawab. Maka guru memasukkan pendidikan karakter pada pembelajaran Bahasa Indonesia karena digunakan di dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya berbicara, bertingkah laku agar siswa tidak hanya terpaku pada pelajaran agama saja. Dan juga guru menerapkan metode permainan tebak gambar agar siswa tidak bosan, tidak cenderung pasif lebih antusias ketika proses pembelajaran karena model tersebut sangat cocok dan sangat interaktif bagi siswa dan guru karena siswa dan guru dapat bermain sambil belajar dan juga bisa mengetahui kepribadian siswa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Penerapan Metode Tebak Gambak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Jambuan Plalangan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana Pelaksanaan Penerapan Metode Tebak Gambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Jambuan Plalangan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana Evaluasi Penerapan Metode Tebak Gambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Jambuan Plalangan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan metode tebak gambak pada pembelajaran bahasa indonesia untuk membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Jambuan Plalangan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode tebak gambar pada pembelajaran bahasa indonesia untuk membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Jambuan Plalangan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan evaluasi penerapan metode tebak gambar pada pembelajaran bahasa indonesia untuk membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Jambuan Plalangan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru kelas II, Siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, data dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian metode tabak gambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk membentuk karakter siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Al- Azhar Jambuan Kalisat Tahun pelajaran 20118/2019 adalah: 1) Perencanaan penerapan metode tebak gambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk membentuk karakter siswa meliputi guru menerapkan metode tebak gambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk membentuk karakter siswa dengan membuat RPP dan Silabus terlebih dahulu, selanjutnya guru menyiapkan materi yang sesuai, kemudian menyiapkan media, alat dan bahan. Setelah alat dan bahan telah ditentukan, maka guru juga menyiapkan langkah-langkah kerjanya. Dan guru juga menyiapkan lembar kerja untuk siswa agar mengetahui sejaumana pemahaman di dalam pembelajaran. 2) pelaksanaan penerapan metode tebak gambar pada pembelajaran bahasa indonesia untuk membentuk karakter siswa meliputi empat tahapan kegiatan diantaranya: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, Penggunaan metode tebak gambar pada pembelajaran, dan kegiatan penutup. 3) evaluasi penerapan metode tebak gambar pada pembelajaran bahasa indonesia untuk membentuk karakter siswa meliputi dua tahap diantaranya: a) Tes tertulis (tes hasil) berbentuk soal-soal, isian singkat dan mengerjakan soal- soal yaitu uraian (essay) atau subjektif dengan tes uraian terbatas dan bentuk objektif yaitu dengan tipe menjodohkan seperti halnya menggunakan permainan metote tebak gambar. dan b) Non tes (tes proses) dilih dari sikap siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Teknik penilaian ini pada umumnya untuk menilai kepribadian anak secara menyeluruh meliputi sikap, tingkah laku, sifat, sikap sosial dan lainlain yang berhubungan dengan kegiatan belajar dalam pendidikan, secara baik individu maupun secara kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:43
Last Modified: 26 Oct 2022 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14021

Actions (login required)

View Item View Item