Pembelajaran Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) sebagai Implementasi pendidikan Deradikalisasi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jadid Taman Grujugan Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019.

Imron Hamzah, Muhammad (2019) Pembelajaran Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) sebagai Implementasi pendidikan Deradikalisasi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jadid Taman Grujugan Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Muhammad Imron Hamzah_084144067.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Gerakan radikalisme telah menjadi fenomena yang semakin marak terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. Pemberantasan telah diupayakan secara maksimal baik oleh pihak pemerintah maupun oleh mayarakat umum, namun banyak masih banyak tumbuh lagi pemeran-pemeran baru yang bermunculan. Pembelajaran Aswja adalah salah satu pelajaran yang merujuk pada Al-Qur’an dan Hadis, oleh sebab itu pembelajaran Aswaja memiliki potensi yang sangat besar menjadi pembendung atas semakin kuatnya arus Islam radikal, hal ini dikarenakan dalam pembelajaran Aswaja terdapat penerapan sikap yang harus dimiliki oleh ummat Islam, yaitu: Tawassuth dan i’tidal (sikap tengah-tengan dan tidak ekstrim), Tawazun (seimbang dalam segala hal), Tastamuh (Toleransi). Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Penerapan pembelajaran Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) sebagai implementasi pendidikan deradikalisasi di MI Nurul Jadid Taman Grujugan Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana Pelaksanaan Penerapan pembelajaran Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) sebagai implementasi pendidikan deradikalisasi di MI Nurul Jadid Taman Grujugan Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019?(3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) sebagai implementasi pendidikan deradikalisasi di MI Nurul Jadid Taman Grujugan Bondowoso tahun pelajaran 20018/2019? Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan Perencanaan pembelajaran Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) sebagai implementasi pendidikan deradikalisasi di MI Nurul Jadid Taman Grujugan Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019. Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan pembelajaran Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) sebagai implementasi pendidikan deradikalisasi di MI Nurul Jadid Taman Grujugan Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019. Untuk mendeskripsikan Evaluasi pembelajaran Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) sebagai implementasi pendidikan deradikalisasi di MI Nurul Jadid Taman Grujugan Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi Metode dan Sumber. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Perencanaan pembelajaran Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja)sama dengan pembelajaran lainnya yaitu membuat perangkat serti Rpp dan silabus; (2) Pelaksanaan penerapan pembelajaran Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) dilaksanakan dengan strategi klasikal dan Non direktive (pembelajaran di luar kelas); (3) Evaluasi pembelajaran Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) menggunakan dua jenis evaluasi yaitu formatif dan sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:21
Last Modified: 26 Oct 2022 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14022

Actions (login required)

View Item View Item