MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI GERAK BERIRAMA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL-HUDA SUMBERDANTI SUKOWONO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

OLIFAH, MUH (2019) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI GERAK BERIRAMA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL-HUDA SUMBERDANTI SUKOWONO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUHOLIFAH_T201511073.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Motorik kasar adalah kemampuan yang membutuhkan koordinasi sebagian besar bagian tubuh anak, biasanya memerlukan tenaga karena dilakukan oleh otot yang lebih besar, seperti: meloncat, memanjat, berlari, menaiki sepeda dan lainlain. Dalam kaitannya dengan perkembangan motorik anak, perkembangan motorik berhubungan dengan perkembangan kemampuan gerak anak. Gerak merupakan unsur utama dalam pengembangan motorik anak. Oleh sebab itu, perkembangan kemampuan motorik anak akan dapat terlihat secara jelas melalui berbagai gerakan dan permainan yang dapat mereka lakukan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini di RA Al Huda Sumberdanti Sukowono ? 2) Bagaimana metode garak irama dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini di RA Al Huda Sumberdanti Sukowono? Tujuan peneliti ini adalah mendeskripsikan bagaimana mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini dan bagaimana motorik menggunakan gerak irama di RA Al Huda Sumberdanti Sukowono. Metode penelitian dilakukan kualitatif yang bersifat deduktif dengan cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data, dan keabsahan data. Pengembangan Kegiatan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan gerak berirama di RA Al Huda Sumberdanti Sukowono. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak yang dihasilkan dari kegiatan gerak irama, Hasil penelitian menyimpulkan bahwa di RA Al Huda memiliki kegiatan yang dapat dari hasil penelitian tersebut dapat disarankan agar kepala sekolah dan pendidik senantiasa mengembangkan kemampuan motorik kasar anak dengan memberikan kegiatan-kegiatan yang dapat mengaktifkan otototot besar dan melibatkan seluruh angota tubuhnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:12
Last Modified: 26 Oct 2022 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14026

Actions (login required)

View Item View Item