Pembinaan Karakter Religius Melalui Buku Penghubung di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Puji Lestari, Rahayu (2019) Pembinaan Karakter Religius Melalui Buku Penghubung di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Rahayu Puji Lestari_T20154088.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembinaan karakter religius melalui buku penghubung di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi pentingnya penanaman pendidikan karakter religius bagi anak usia dini. Namun kenyataannya masih banyaknya anak yang belum memiliki nilai-nilai religius dalam dirinya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana karakter religius yang terdapat dalam program buku penghubung salat 5 waktu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Balung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? ( 2) Bagaimana pembinaan karalter religius melalui buku penghubung salat 5 waktu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Balung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? (3) Apakah faktor penghambat pembinaan karakter religius melalui buku penghubung salat 5 waktu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Balung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan karakter religius yang terdapat dalam program buku penghubung salat 5 waktu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Balung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mendeskripsikan Pembinaan Karalter Religius Melalui Buku Penghubung Salat 5 Waktu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat pembinaan karakter religius melalui buku penghubung salat 5 waktu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Balung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Untuk menjawab fokus penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenologi. Pemilihan subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Milles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) pembinaan karakter di madrasah ini sudah dilaksanakan sejak berdirinya madrasah dan diselaraskan dengan Visi Misi dan Tujuan madrasah. (2) program buku penguhubung melibatkan pihak orang tua dan pihal lembaga sekolah, buku penghubung diisi oleh oleh orang tua dan di evaluasi setia pagi hari ditanda tangani oleh guru kelas. (3) adanya berbagai hambatan dalam pelaksanaan program buku penghubung yang diatasi dengan memberikan kemudahan pada pihak orang tua atau wali murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:21
Last Modified: 26 Oct 2022 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14029

Actions (login required)

View Item View Item