Penerapan Model Make A Match dengan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas 1B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

AIDAH, SUM (2019) Penerapan Model Make A Match dengan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas 1B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SUMAIDAH_T20154051.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Siswa kelas rendah merupakan siswa yang membutuhkan perhatian khusus dari guru, hal ini problem yang ada di kelas 1B terdapat siswa dalam kemampuan membaca dan menulis kurang maksimal sedangkan kemampuan membaca dan menulis untuk kelas rendah sangat penting, karena akan mengakibatkan kesulitan belajar. Oleh karenanya begitu penting untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis agar siswa tidak kesulitan dalam pembelajaran. Hal ini diwujudkan dengan menerapkan model make a match dengan media kartu huruf, supaya siswa dapat bekerja sama dengan teman temannya, dan bisa cepat dalam mengenali huruf dari kartu tersebut. Fokus penelitian ini terdiri dari tiga hal, yaitu (1) Bagaimana Perencanaan Model Make A Match Dengan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas 1B MIN 06 Jember? (2) Bagaimana Pelaksanaan Model Make A Match Dengan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas 1B MIN 06 Jember (3) Bagaimana Evaluasi Model Make A Match Dengan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas 1B MIN 06 Jember? Sementara tujuan penelitian ini juga meliputi 3 hal yaitu (1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Model Make A Match Dengan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas 1B MIN 06 Jember. (2) Untuk mendiskripsikan Pelaksanaan Model Make A Match Dengan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas 1B MIN 06 Jember (3) Untuk mendiskripsikan Evaluasi Model Make A Match Dengan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas 1B MIN 06 Jember. Pendekatan penelitian ini adalah adalah kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Sementara pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data, penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif model analisis Miles and Huberman. Adapun untuk menguji keabsahan, peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, trianggulasi waktu. Penelitian ini menghasilkan (1) Dalam Perencanaan pembelajaran melalui model make a match dengan media kartu huruf melalui silabus dan RPP (2) pada Pelaksanaan model make a match dengan media kartu huruf guru kelas 1B melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan Penutup. Dengan langkah langkah pertama guru memberikan kartu huruf lalu siswa membaca huruf yang ada di kartu lalu guru memberikan kata dan siswa mencari pasangan huruf sehingga terangkai menjadi kata, (3) evaluasi pembelajaran model make a match dengan media kartu huruf, guru menilai siswa dengan 2 penilaian, yakni penilaian tes tertulis dan penilaian non tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:43
Last Modified: 26 Oct 2022 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item