Tanggung Jawab Suami Terhadap Istri Yang Bekerja di Luar Negeri Untuk Menunjang Nafkah Dalam Tinjauan Kompilasi Hukum Islam dan Undang-undang No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (Studi Kasus di Desa Tamansari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember)

ANDI, ARIFI (2019) Tanggung Jawab Suami Terhadap Istri Yang Bekerja di Luar Negeri Untuk Menunjang Nafkah Dalam Tinjauan Kompilasi Hukum Islam dan Undang-undang No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (Studi Kasus di Desa Tamansari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ARIFIANDI_083 141 073.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Salah satu akibat hukum dari pernikahan adalah nafkah yang wajib dipenuhi seorang suami kepada istrinya. Tetapi pada zaman sekarang para istri ikut serta mencari nafkah baik itu sekedar membantu suami ataupun sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga. Seperti yang terjadi di Desa Tamansari, Kab. Jember para istri ikut menafkahi keluarga. Para istri ini bukan hanya bekerja di dalam rumah bahkan mereka bekerja di luar negeri menjadi TKW. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana tanggung jawab suami dalam hal nafkah terhadap istri yang bekerja di Luar Negeri dalam tinjauan Kompilasi Hukum Islam dan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan? 2) Bagaimana tinjauan Kompilasi Hukum Islam dan Undang-Undang No 1 Tahun 1974 tentang perkawinan terhadap tanggung jawab suami yang istrinya bekerja di Luar Negeri di Desa Tamansari? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tanggung jawab suami dalam hal nafkah terhadap istri yang bekerja di luar negeri Dalam Tinjauan Kompilasi Hukum Islam dan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan 2) Untuk mengetahui Tinjauan Kompilasi Hukum Islam dan Undang- Undang No 1 Tahun 1974 tentang perkawinan perkawinan terhadap tanggung jawab suami yang istrinya bekerja di luar negeri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian di Desa Tamansari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa yang menjadi pendorong utama ibu Sum dan istri bapak Suparman bekerja ke Luar Negeri adalah nafkah lahir. Menurut Undang-Undang Perkawinan apabila seorang suami tidak memenuhi nafkah maka sang istri wajib mengajukan gugatan ke pengadilan Negeri atau Pengadilan Agama (sesuai agama yang dianut oleh suami) sesuai dengan pasal 34 ayat (1)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:45
Last Modified: 26 Oct 2022 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14043

Actions (login required)

View Item View Item