Pembagian hakdankewajibansuamiisteri terhadap Keikutsertaan Isteri dalam Mencari Nafkah di Dusun Lengkong Barat Desa Mrawan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember (Menurut Hukum Islam).

Afifah, Nindy Luqy (2019) Pembagian hakdankewajibansuamiisteri terhadap Keikutsertaan Isteri dalam Mencari Nafkah di Dusun Lengkong Barat Desa Mrawan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember (Menurut Hukum Islam). Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Nindy Luqy Afifah_083141020.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara suami dan isteri. Dengan adanya ikatan maka ada konsekuensi yang timbul di antara keduanya. Konsekuensi tersebut adalah hak dan kewajiban suami isteri. Antara suami dan isteri diharuskan mengetahui dan memenuhi hak dan kewajiban masing-masing dengan baik. Karena apabila di antara keduanya ada yang tidak memenuhi maka salah satunya diperbolehkan mengajukan gugatan ke Pegadilan Agama. Salah satu kewajiban suami adalah memberi nafkah kepada isteri dan anak-anaknya.Akan tetapi pada saat ini, memberi nafkah yang merupakan kewajiban suami tidak hanya dikerjakan oleh suami saja, akan tetapi si isteri juga ikut andil dalam mencari nafkah. Ada beberapa hal yang menjadi alasan seorang isteri mencari nafkahsalah satunya karena keadaan ekonomi yang kurang memadai. Hal serupa juga terjadi di Dusun Lengkong Barat Desa Mrawan Kecamatan Mayang kabupaten Jember. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Mengapa isteri ikut serta mencari nafkah di Dusun Lengkong?2) Bagaimana pembagian hak dan kewajiban suami isteri dalam urusan nafkah di Dusun Lengkong Barat? 3) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap isteri yang membantu suami mencari nafkah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripikan hal-hal yang melatar belakangi isteri ikut serta mencari nafkah di Dusun Lengkong Barat Desa Mrawan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Untuk mendeskripsikan pembagian hak dan kewajiban suami isteri dalam mencari nafkah di Dusun Lengkong Barat Desa Mrawan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Untuk menjelaskan tinjauan hukum Islam terhadap isteri yang membantu suami mencari nafkah. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang berbentuk hasil wawancara. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) latar belakang isteri ikut serta dalam mencari nafkah di Dusun Lengkong Barat adalah untuk membantu meringankan beban suami dan untuk mencari kegiatan dalam mengisi kekosongan dan kesendiriannya di rumah dan untuk mencari pengalaman. 2) pembagian hak dan kewajiban suami isteri yang isterinya ikut serta dalam urusan nafkah di Dusun Lengkong Barat sama saja dengan pembagian hak dan kewajiban suami isteri pada umumnya akan tetapi yang sedikit berbeda adalah suami juga ikut membantu isteri mengurusi urusan rumah tangga selagi waktu senggang. 3) tinjauan hukum Islam terhadap isteri ikut serta urusan nafkah, boleh asalkan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan dan juga tergantung alasannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:45
Last Modified: 26 Oct 2022 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14044

Actions (login required)

View Item View Item