Konsep Keluarga Sakinah Penganut Tarekat At-Tijaniyah Dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam (Studi Kasus Di Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember).

LIL, HO (2019) Konsep Keluarga Sakinah Penganut Tarekat At-Tijaniyah Dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam (Studi Kasus Di Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
HOLIL_S20151017.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Keluarga merupakan sebuah isntitusi terkecil di dalam masyarakat yang berfungsi sebagai wahana untuk mewujudkan kehidupan yang tentram, aman, damai, dan sejahtera dalam suasana cinta dan kasih sayang di antara anggotanya. Keluarga yang kokoh adalah keluarga yang menciptakan generasi penerus berkualitas, berkarakter kuat, sehingga terjadi pelaku-pelaku kehidupan masyarakat dan akhirnya membawa kejayaan sebuah bangsa. Ketika menyeru dan memberi gambaran tentang indahnya keluarga, Islam memperlihatkan berbagai fungsi serta menunjukkan buah manisnya kehidupan keluarga yang akan memiliki implikasi terhadap kehidupan individu dan masyarakta itulah diantara nikmat Allah SWT dan sebagai tanda-tanda kekuasaannya yang dipersiapkan dan dipulihkan untuk hambanya agar kehidupan bisa berjalan dengan baik dan sisi keluhnya bisa dijernihkan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana konsep keluarga sakinah penganut tarekat at-Tijaniyah di Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember dalam perspektif hukum keluarga? 2) Bagaimana pola relasi keluarga sakinah penganut tarekat at-Tijaniyah di Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember dalam perspektif hukum keluarga? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan konsep keluarga sakinah penganut tarekat at-Tijaniyah di Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember dalam perspektif hukum keluarga. 2) Untuk mendeskripsikan pola relasi keluarga sakinah penganut tarekat at-Tijaniyah di Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember dalam perspektif hukum keluarga. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sedangkan jenis penelitian merupakan penelitian lapangan yaitu: 1) teknik pengamatan (observasi), 2) teknik wawancara, 3) teknik dokumenter. Sedangkan subyek penelitian ini adalah Penganut Tarekat At- Tijaniyah di Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) konsep keluarga sakinah menurut penganut tarekat at-Tijaniyah ialah keluarga yang selalu menjaga syari’at dengan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan Allah SWT, keluarga yang memahami ketenangan hidup secara lahir maupun batin, saling mencintai, saling menyayangi, menghormati dan menghargai di antra sesama anggota keluarga, serta keluarga yang kehidupannya sesuai dengan tuntutan Rasulullah SAW. 2) pola relasi keluarga sakinah menurut penganut tarekat at- Tijaniyah ialah bahwa dalam hubungan pola relasi suami istri dalam kehidupan rumah tangga, pasangan suami istri hendaklah membangun sebuah interaksi yang positif, harmonis dengan cara hati damai yang tercermin pula dalam keseimbangan hak dan kewajiban satu sama lain. Dalam hal ini tentunya guna untuk mencapai tujuan dari sebuah perkawinan yakni mewujudkan kehidupan rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:44
Last Modified: 26 Oct 2022 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14046

Actions (login required)

View Item View Item