Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Pengalokasian Belanja Modal (Studi Pada Pemerintahan Kabupaten/Kota Di Jawa Timur Periode 2018-2020)

Putri, Erina Setiana (2022) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Pengalokasian Belanja Modal (Studi Pada Pemerintahan Kabupaten/Kota Di Jawa Timur Periode 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Erina Setiana Putri_E20183035.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Erina Setiana Putri, Nur Ika Mauliyah. M. AK. 2022: Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Pengalokasian Belanja Modal (Studi Pada Pemerintahan Kabupaten/Kota Di Jawa Timur Periode 2018-2020).

Belanja modal merupakan salah satu dari pengeluaran daerah yang perlu diperhitungkan dalam pembangunan infrastruktur serta fasilitas yang berkelanjutan. Adanya penerimaan daerah yang terdiri dari PAD, DAU, dan DAK yang digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik melalui fasilitas umum yang akan mampu meningkatkan belanja modal sehingga pertumbuhan ekonomi juga ikut meningkat.
Rumusan masalah penelitian yang diteliti dalam skripsi ini merupakan: (1) Apakah Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh terhadap anggaran Belanja Modal?. (2) Apakah PAD berpengaruh terhadap anggaran belanja modal?. (3) Apakah DAU berpengaruh terhadap anggaran Belanja Modal?. (4) Apakah DAK berpengaruh terhadap anggaran Belanja Modal?. (5) Apakah Pertumbuhan Ekonomi, PAD, DAU, dan DAK secara simultan berpengaruh terhadap anggaran belanja modal?. Tujuan dari Penelitian ini merupakan: (1) Untuk memberikan bukti empiris pengaruh Pertumbuhan Ekonomi terhadap anggaran Belanja Modal. (2) Untuk memberikan bukti empiris pengaruh PAD terhadap anggaran Belanja Modal. (3) Untuk memberikan bukti empiris pengaruh DAU terhadap anggaran Belanja Modal. (4) Untuk memberikan bukti empiris pengaruh DAK terhadap anggaran Belanja Modal. (5) Untuk memberikan bukti empiris pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, PAD, DAU, dan DAK secara simultan terhadap anggaran Belanja Modal
Penelitian ini memakai pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Sedangkan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini memakai metode sampling jenuh, jumlah sampel yang dipakai dalam penelitian ini yaitu 114 (38 x 3). Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan studi pustaka dan studi dokumenter. Analisis data yang dipakai yaitu statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan program SPSS Statistik Versi 23.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengalokasian anggaran Belanja Modal. 2) PAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengalokasian anggaran Belanja Modal. 3) DAU berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengalokasian anggaran Belanja Modal. 4) DAK berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengalokasian anggaran Belanja Modal. 5) Variabel pertumbuhan ekonomi, PAD, DAU, dan DAK secara simultan berpengaruh signifikan terhadap belanja modal.

Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Belanja Modal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: MISS ERINA SETIANA PUTRI
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:20
Last Modified: 26 Oct 2022 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14056

Actions (login required)

View Item View Item