Penerapan Metode Layanan Bimbingan Lansia Untuk Mengatasi Konflik Sosial Di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha Jember.

JANNAH, ILFI NUR (2019) Penerapan Metode Layanan Bimbingan Lansia Untuk Mengatasi Konflik Sosial Di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ILFI NUR JANNAH_D20153008.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Lansia pada umumnya merupakan bagian dari generasi tua yang akan menghadapi masalah. Selain perubahan dari segi fisik, lansia juga mengalami perubahan psikologis seperti hilangnya pasangan, teman-teman dekat (relation loneliness), sindrom sarang hampa (empty nest syndrome) yaitu perasaan kehilangan karena ditinggal oleh anak-anaknya dan perubahan peran, sehingga perubahan psikologis tersebut sering mempengaruhi tingkah laku manusia dan rentang melakukan konflik, konflik verbal yang terjadi di UPT Tresna Werdha Jember yaitu sering membicarakan hal negatif lansia lain, terjadinya konflik antara kakek dan nenek yang saling mencintai sehingga bisa tidur bersama. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini : (1) Bagaimana penerapan metode layanan bimbingan lansia untuk mengatasi konflik sosial di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Jember? (2) Bagaimana cara mengatasi kendala konflik sosial lansia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Jember? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, jenis penelitian yang digunakan studi kasus dengan pengambilan sampel sumber data dilakkukan secara purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode yang digunakan pembimbing untuk mengatasi konflik sosial lansia adalah dengan menggunakan bimbingan individu dan bimbingan kelompok. Sedangkan cara yang digunakan pembimbing untuk mengatasi konflik sosial lansia adalah dengan menggunakan bahasa isyarat, tetap melakukan pendampingan agar permasalahanya tidak melebar dan melakukan memotivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:09
Last Modified: 26 Oct 2022 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14057

Actions (login required)

View Item View Item