Metode Dakwah KH. Abdul Kholiq Hasan Pengasuh Pondok Pesantren Putri Al-Amanah Tambak Beras Jombang Dalam Pembinaan Akhlak Santri.

NAFISAH, DIROYATUN (2019) Metode Dakwah KH. Abdul Kholiq Hasan Pengasuh Pondok Pesantren Putri Al-Amanah Tambak Beras Jombang Dalam Pembinaan Akhlak Santri. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
DIROYATUN NAFISAH_D20151044.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Dakwah adalah kegiatan untuk mengajak dan menyeru manusia kepada Islam, agar manusia memperoleh jalan hidup yang baik, diridhoi oleh Allah sehingga hidup dan kehidupannya selama berada di dunia dan akhirat kelak, karena hakikat dari pada kehidupan dunia adalah penghantar untuk kehidupan akhirat yang abadi. Didalam penyampaian dakwah pasti ada beberapa metode yang digunakan untuk dapat mengetahui keberhasilan dan gagalnya dalam menyampaikan Dakwah. Fokus masalah yang akan diteliti adalah: 1. Bagaimana Penerapan Metode Dakwah KH. Abdul Kholiq Hasan Pengasuh Putri Pondok Pesantren Al-Amanah Tambak Beras Jombang Dalam Pembinaan Akhlak Santri? 2. Apa Saja Faktor Penghambat dan Pendukung Metode Dakwah KH. Abdul Kholiq Hasan Pengasuh Putri Pondok Pesantren Al-amanah Tambak Beras Jombang Dalam Pembinaan Akhlak Santri? Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dari peneliti adalah: 1. Untuk mengetahui penerapan Metode Dakwah KH. Abdul Kholiq Hasan Pengasuh Putri Pondok Pesantren Al-Amanah Tambak Beras Jombang Dalam Pembinaan Akhlak Santri. 2. Untuk mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung Metode Dakwah KH. Abdul Kholiq Hasan Pengasuh Putri Pondok Pesantren Al-amanah Tambak Beras Jombang Dalam Pembinaan Akhlak Santri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, kemudian keabsahan datanya menggunakan tringulasi data. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Motede Dakwah KH. Abdul Kholiq Hasan dalam menerapkan metode dakwahnya menggunakan tiga metode yaitu: Metode Dakwah Bil-Hikmah, Metode Dakwah Al – Mauidhatul Hasanah Dan Metode Dakwah Uswatun Hasanah. Memberi nasihat dan motivasi dengan cara lemah lembut ketika santri melakukan salah atau melanggar peraturan pesantren. Mencontohkan terhadap diri kita terlebih dahulu agar bisa ditirukan oleh orang lain. Adanya faktor penghambat dalam pembinaan akhlak santri yaitu: kurang maksimalnya waktu kyai dengan santri, pengaruh latar belakang keluarga, pengaruh lingkungan dan teman sebaya. sedangkan faktor pendukung yaitu: pengajian yang dikaji oleh KH. Abdul Kholiq Hasan dan HJ. Basyirotul Hidayah, pengaruh pengurus pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:09
Last Modified: 26 Oct 2022 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14058

Actions (login required)

View Item View Item