Analisis Penerapan Prinsip Substansi Mengungguli Bentuk (Form) Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Anggaran 2017.

Ilham Fanani, Muhammad (2019) Analisis Penerapan Prinsip Substansi Mengungguli Bentuk (Form) Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Anggaran 2017. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Muhammad Ilham Fanani_E20153040.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Desa kemuning Lor merupakan suatu lokasi desa yang menarik karena memiliki pendapatan yang fantastis baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta masukan dari hasil bumi desa itu sendiri. Jadi saya selaku peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di desa tersebut karena selain pendapatan desa yang bersumber dari pemerintah pusat dan daerah serta hasil kekayaan desa itu sendiri. Serta meneliti apakah pendapatan tersebut digunakan sesuai dengan RKP, RAPBDes serta APBDes. Karena pada sebelumnya desa tersebut sangat jarang diteliti oleh mahasiswa. Serta melakukan penelitian apakah laporan keuangan pemerintah desa di Desa Kemuning Lor telah sesuai dengan peraturan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta pembuatan sesuai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Fokus Penelitian penerapan prinsip substansi mengungguli bentuk akan menghasilkan suatu hasil dari penelitian dengan fokus : (1) Bagaimana prinsip substansi mengungguli bentuk (form) pada seluruh proses pengelolaan keuangan serta (2) Dampak yang dihasilkan jika terpenuhinya prinsip tersebut terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Serta tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menganalisa dan mecari tahu tentang penerapan prinsip tersebut dalam proses pengelolaan keuangan desa Kemuning Lor (2) menganalisa suatu dampak penyimpangan ataupun nanti tidak terjadi penyimpangan jika terpenuhinya prinsip substansi mengungguli bentuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subyek penelitian dipilih dengan teknik purposive. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancaara, dan dokumentasi. Data di analisis secara diskriptif dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Maka diperoleh hasil bahwa: (1) penerapan prinsip substansi mengungguli bentuk memiliki dampak baik dalam pengelolaan keuangan desa yang akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan undang- undang yang berlaku baik dari pemerintahan pusat maupun peraturan pemerintahan deaerah tingkat provinsi dan kota. (2) Hasil penelitian ini juga membantu pemerintah ditingkat pusat untuk mensejahterahkan masyarakat serta lebih tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:08
Last Modified: 26 Oct 2022 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14067

Actions (login required)

View Item View Item