Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Susu Bestcow Pada Kelompok Makmur Sejahtera Di Kampung Bestcow Ajung Kabupaten Jember.

FIKRI ANWARI, ACHMAD (2019) Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Susu Bestcow Pada Kelompok Makmur Sejahtera Di Kampung Bestcow Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ACHMAD FIKRI ANWARI_E20153034.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Kampung Bestcow merupakan unit Usaha Mikro Kecil yang terletak di Jl. Raung dusun Kelanceng, desa Ajung, kabupaten Jember. Produk-produk yang dibuat oleh bestcow farm ini dikelola oleh kelompok makmur sejahtera. Selama proses produksi susu ada hal penting yang harus diperhatikan yaitu biaya-biaya produksi. Karena besar biaya produksi akan dijadikan sebagai alat untuk menentukan biaya produksi itu sendiri dan berkaitan erat dengan penentuan harga serta berpengaruh pada keuntungan yang diperoleh. Oleh karenanya, peneliti menggunakan metode variable costing sebagai acuan pertama dalam proses penentuan HPP di perusahaan susu bestcow. Karena jika menggunakan metode Variable Costing ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya: (1) Membantu dalam pengendalian biaya, (2) Membantu pengambilan keputusan jangka pendek, (3) Membantu perencanaan laba jangka pendek. Sehingga dalam penerapannya, metode Variable Costing sangat cocok untuk seorang manajer dalam menentukan kebijakan dan pengambilan keputusan pada perusahaannya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana penentuan harga pokok produksi susu bestcow pada kelompok makmur sejahtera di kampung bestcow Ajung Kabupaten Jember ? (2) Bagaimana perhitungan harga pokok produksi susu bestcow dengan menggunakan metode Variable Costing ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penentuan harga pokok produksi susu bestcow pada kelompok makmur sejahtera di kampung bestcow Ajung Kabupaten Jember (2) Untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi susu bestcow dengan menggunakan metode variable costing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penentuan harga pokok produksi pada bestcow farm masih belum menerapkan perhitungan biaya produksi yang tepat. Hal ini menyebabkan perbedaan hasil yang diperoleh. Bahwasannya pada UMKM bestcow farm masih mengabaikan biaya-biaya yang diluar proses pembuatan. Seperti biaya penolong, biaya penyusutan, biaya reparasi dan pemeliharaan peralatan. Sehingga jika kita bandingkan dengan menggunakan metode variable costing dalam menentukan biaya produksi itu sangatlah berbeda. Perhitungan HPP dengan metode perusahaan jika menjual produk susu seharga Rp. 5.000 maka laba yang diperoleh senilai Rp. 404,1, namun jika perhitungannya dengan metode variable costing jika menjual produk susu seharga Rp. 5.000 maka laba yang diperoleh Rp. -834.5. Kata kunci: Penentuan Harga Pokok Produksi, menggunakan metode: perusahaan dan variable costing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:08
Last Modified: 26 Oct 2022 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item View Item