Peran komoditas kopi terhadap penyerapan tenaga kerja di Dusun Bedahan Jerid Desa Curahkalong Kecamatan bangsalsari Kabupaten Jember

FAUZI, AHMAD (2019) Peran komoditas kopi terhadap penyerapan tenaga kerja di Dusun Bedahan Jerid Desa Curahkalong Kecamatan bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
AHMAD FAUZI_E20152076.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Pertanian merupakan sektor ekonomi yang mempunyai peran penting di Indonesia. Sektor pertanian sangat strategis sebagai basis ekonomi rakyat di pedesaan, menguasai hajat hidup sebagian besar penduduk dan menyerap tenaga kerja. Sektor pertanian juga berperan besar dalam penyediaan pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan bahan mentah yang dibutuhkan oleh suatu negara. Kebutuhan produk-produk pertanian semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan sektor ini juga merupakan sumber pekerjaan dan pendapatan bagi sebagian besar penduduk negara berkembang seperti di Indonesia. Adapun masalah yang diteliti yaitu, 1). Bagaimana peran komunitas kopi dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja di Dusun Bedahan Jerid Desa Curahkalong Kecamatan bangsalsari Kabupaten Jember, 2). Bagaimana peran sektor pertanian kopi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Dusun Bedahan Jerid Desa Curahkalong kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan peran komunitas kopi dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja di Dusun Bedahan Jerid Desa Curahkalong Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. (2) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan peran sektor kopi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Dusun Bedahan Jerid Desa Curahkalong Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Maka data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasai,dan didukung dengan wawancara/interview yang dilakukan untuk menggali informasi secara mendalam terkait permasalahan yang diteliti. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Mayoritas masyarakat di Desa BedahanJerit adalah petani kopi. Oleh karena itu dalam komoditas kopi yang ada adi Desa Bedahan Jerit di temukan sebuah produksi kopi yang baik untuk mengkoordinasika seluruh proses produksi (2) Terdapat dampak peningkatan terhadap pendapatan masyarakat dengan adanya komoditas kopi di Desa Bedahan Jerit Curahkalong Bangsal Sari Jember. Dengan adanya komoditas kopi ini membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bekerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:20
Last Modified: 26 Oct 2022 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item