Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Bakiak Pada Kelompok B Di TK Sayuwiwit Bayu Songgon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

Lailatul, Fitri (2022) Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Bakiak Pada Kelompok B Di TK Sayuwiwit Bayu Songgon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
lailatul fitri_T20185004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lailatul Fitri, 2022: Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Bakiak pada Kelompok B di TK Sayuwiwit Bayu Songgon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Pengembangan, Motorik Kasar, Permainan Tradisional Bakiak Anak usia dini merupakan anak dengan rentang usia nol sampai enam tahun. Pada usia tersebut merupakan masa emas bagi anak usia dini dalam mengembangkan semua aspek perkembangannya dengan maksimal salah satunya yakni motorik kasar. Salah satu pengembangan yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan bakiak sebagai alat bantu dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pengembangan motorik kasar melalui permainan tradisional bakiak pada kelompok B di TK Sayuwiwit Bayu Songgon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022 ? Adapun Tujuan Penelitian ini adalah Mendeskripsikan Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengembangan motorik kasar melalui permainan tradisional Bakiak pada kelompok B di TK Sayuwiwit Bayu Songgon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan 1), Perencanaan motorik kasar melalui perminan tradisional bakiak pada Kelompok B di Tk Sayuwiwit Bayu Songgon Banyuwangi diawali dengan penyusunan perangkat kerja yang meliputi PROTA, PROSEM, RPPM. Selanjutnya Menyusun RPPH dan jadwal pembelajaran sesuai dengan tema. 2), Pelaksanaan motorik kasar melalui permainan tradisional bakiak pada kelompok B di TK Sayuwiwit Bayu Songgon Banyuwangi terdiri dari kegiatan awal yaitu dengan senam irama Bersama, dan berdoa sebelum kegiatan. Kegiatan inti menjelaskan motorik kasar dan permainan bakiak serta bermain bakiak, dan menutup dengan menanyakan perasaan anak serta berdoa sesudah kegiatan. 3), Evaluasi motorik kasar melalui permainan tradisional bakiak pada kelompok B di TK Sayuwiwit Bayu Songgon Banyuwangi yaitu guru telah menyiapkan lembar penilaian perkembangan siswa yaitu penilaian check list dengan kriteria penilaian BB, MB, BSH dan BSB. Selanjutnya akan dilaporkan kepada orang tua siswa dalam bentuk raport yang dibagikan pada akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Lailatul Fitri
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:45
Last Modified: 28 Oct 2022 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14079

Actions (login required)

View Item View Item