PENGARUH MANAJEMEN RISIKO TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN (Studi Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

Azizah, Nur (2022) PENGARUH MANAJEMEN RISIKO TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN (Studi Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Azizah watermark.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nur Azizah, Dr. Retna Anggitaningsih, SE.,M.M. 2022: Pengaruh Manajemen
Risiko Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021).

Lembaga perbankan berkembang pesat saat ini, ditandai dengan semakin berkembangnya pemahaman masyarakat terhadap sistem transaksi yang dapat dilakukan melalui bank. Selalu ada risiko yang melekat pada seluruh aktivitas perbankan. Oleh sebab itu, manajemen risiko merupakan hal yang sangat diperlukan untuk kelangsungan operasional suatu perusahaan terutama pada kinerja keuangan peusahaan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Apakah manajemen risiko kredit berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan? (2) Apakah manajemen risiko likuiditas berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan? (3) Apakah manajemen risiko operasional berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan? (4) Apakah manajemen risiko pasar berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan? (5) Apakah manajemen risiko kredit, risiko likuiditas, risiko operasional dan risiko pasar berpengaruh secara simultan terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menganalisis pengaruh manajemen risiko kredit terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan, 2. Untuk menganalisis pengaruh manajemen risiko likuiditas terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan, 3. Untuk menganalisis pengaruh manajemen risiko operasional terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan, 4. Untuk menganalisis pengaruh manajemen risiko pasar terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan, 5. Untuk menganalisis pengaruh manajemen risiko kredit, risiko likuiditas, risiko operasional dan risiko pasar secara simultan terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis yang meliputi: uji koefisien determinasi, uji signifikan simultan dan uji parsial.
Hasil penelitian ini secara parsial (1) NPL memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan yang diproksi dengan ROA dan ROE. (2) LDR berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan yang diproksi dengan ROA dan ROE. (3) BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan yang diproksi dengan ROA dan ROE. (4) NIM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan yang diproksi dengan ROA dan ROE. (5) Secara simultan NPL, LDR, BOPO dan NIM berpengaruh terhadap kinerja keuangan perbankan yang diproksi dengan ROA dan ROE.

Kata kunci: Risiko kredit, risiko likuiditas, risiko operasional, risiko pasar, Return On Asset, Return On Equity

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs. Nur Azizah
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:57
Last Modified: 27 Oct 2022 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

View Item View Item