Analisis pengembangan sumber daya insani melalui internalisasi nilai-nilai religius pada corporate culture Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Situbondo Basuki Rahmat

Fakhiroh, Nisaul (2022) Analisis pengembangan sumber daya insani melalui internalisasi nilai-nilai religius pada corporate culture Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Situbondo Basuki Rahmat. Diploma thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NISAUL FAKHIROH_E20181023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nisaul Fakhiroh, Dr. Siti Masrohatin, S.E., M.M. (2022): “Analisis Pengembangan Sumber Daya Insani Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Corporate Culture Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Situbondo Basuki Rahmat”.

Pengembangan Sumber Daya Insani merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam manajemen sumber daya manusia. Pengembangan merupakan suatu usaha yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan, baik secara teknis, teoritis, konseptual dan moral sumber daya manusia. Pengembangan sumber daya manusia merupakan salah satu kunci kesuksesan dari suatu perusahaan agar dapat meningkatkan persaingan perusahaan dan dapat meningkatkan brand perusahaan itu sendiri.

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana pengembangan sumber daya insani di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Situbondo Basuki Rahmat? 2). Bagaimana internalisasi nilai-nilai religius pada corporate culture Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Situbondo Basuki Rahmat?

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengembangan sumber daya insani di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Situbondo Basuki Rahmat. 2). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bangaimana internalisasi nilai-nilai religius pada corporate culture di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Situbondo Basuki Rahmat.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Field Research menggunakan pendekatan deskriptif. penentuan informan menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penariakan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian adalah: 1). Pengembangan sumber daya insani di BSI KCP Situbondo Basuki Rahmat dilakukan melalui dua metode, yakni metode pendidikan dilakukan melalui kegiatan rapat rutinan, kegiatan pemindahan posisi kerja karyawan, dan kegiatan atasan memberikan pujian terhadap seluruh karyawannya . Sedangkan metode pelatihan dilakukan melalui kegiatan pelatihan terhadap karyawan baru dan kegiatan pelatihan taksir emas yang diadakan oleh BSI Pusat. 2). Internalisasi nilai-nilai religius di BSI KCP Situbondo Basuki Rahmat dilakukan melalui tiga tahapan, yakni: a). Tahapan transformasi nilai dilakukan melalui kegiatan dialog keagamaan antar sesama karyawan., b). Tahap transaksi nilai dilakukan melalui pembiasaan sikap amanah dalam bekerja kepada seluruh karyawan, dan c). Tahap transinternalisasi nilai dilakukan melalui disiplin mengenai waktu ibadah dan kegiatan rutin pembacaan rotibul haddad.

Kata kunci: Pengembangan Sumber Daya Insani, Internalisasi Nilai-Nilai Religius

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Perpustakaan Nisaul Fakhiroh
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:37
Last Modified: 27 Oct 2022 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14099

Actions (login required)

View Item View Item