Penyelesaian Wanprestasi Jual Beli Besi Tua Scrap PT Bangsa Citra Persada Tanjungjati Madura dari pasal 1238 KUHPerdata dan perspektif Fiqh Muamalah.

FIRMANSYAH, IDHAM (2019) Penyelesaian Wanprestasi Jual Beli Besi Tua Scrap PT Bangsa Citra Persada Tanjungjati Madura dari pasal 1238 KUHPerdata dan perspektif Fiqh Muamalah. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
IDHAM FIRMANSYAH_083 142 050.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Untuk mencapai jual beli yang baik terdapat unsur-unsur yang harus dipenuhi yaitu berupa syarat-syarat dan rukun jual beli itu sendiri. Pasal 1457 KUHPerdata menentukan bahwa jual beli adalah suatu perjanjian, dengan mana pihak satu mengikatkan dirinya untuk menyerahkan suatu kebendaan dan pihak yang lain untuk membayar harga yang telah diperjanjikan. Namun demikian, dalam perjanjian jual beli PT Bangsa Citra Persada tidak semua berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan karena adanya penjual yang melakukan wanprestasi dan tindakan lalai dalam menjaga barang jual beli tersebut sehingga mengalami kerusakan yang berpotensi menimbulkan kerugian. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk penyelesaian wanprestasi jual beli besi tua scrap PT Bangsa Citra Persada (2) Bagaimana bentuk penyelesaian wanprestasi jual beli tua scrap PT Bangsa Citra PersadaTanjungjati Madura menurut Fiqh Muamalah (3) Bagaimana perlindungan hukum terhadap PT Bangsa Citra Persada Tanjungjati Madura menurut padal 1238 KUHPerdata Tujuan penulisan skripsi ini untuk menjelaskan bentuk dan isi perjanjian yang dibuat penjual dan pembeli dalam jual beli besi tua scrap adalah: (1) Mengetahui bentuk dan pelaksanan penyelesaian wanprestasi jual beli besi tua scrap PT Bangsa Citra Persada (2) Mengetahui perjanjian jual beli besi tua scrap PT Bangsa Citra Persada menurut Fiqh Muamalah (3) Mengetahui perjanjian jual beli besi tua scrap PT Bangsa Citra Persada menurut pasal 1238 KUHPerdata. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu field research. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil peneletian yaitu: (1) penyelesaian sengketa dilakukan secara nonlitigasi dalam mencapai perdamaian antara dua pihak sengketa. (2) Penyelesaian sengketa dengan jalan perdamaian diharapkan dapat menjadikan hidup dengan harmonis tanpa saling menjatuhkan dalam setiap perihal apapun itu untuk mencapai suatu kemenangan yang tidak diridhoi Allah SWT. (3) Secara umum perlindungan hukum yang telah dicapai adalah dapat menentukan jalan penyelesaian sengketa serta hak kewajiban yang harus dipenuhi. Disarankan kepada para pihak agar melaksanakan isi perjanjian sesuai kesepakatan guna memnghindari terjadinya wanprestasi dan sanksi moral akibat wanprestasi serta hilangnya rasa kepercayaan dalam berusaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:21
Last Modified: 27 Oct 2022 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14100

Actions (login required)

View Item View Item