Perlindungan Tenaga Kerja Di CV Buana Engineering Perspektif Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dan Hukum Islam

MASRUROH, WULIDAH LAILATUL (2019) Perlindungan Tenaga Kerja Di CV Buana Engineering Perspektif Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dan Hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
WULIDAH LAILATUL MASRUROH_083 142 030.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Dalam Undang-Undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan mendefinisikan Tenaga Kerja adalah setiap orang yang mampu melaksanakan pekerjaan yang menghasilkan barang dan atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun masyarakat. Sebagai perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja harus memperhatikan keamanan dalam bekerja, seperti adanya kesempurnaan didalam lingkungan kerja, alat kerja, bahan kerja dan lain sebagainya. Selain keamanan kerja perlu juga memperhatikan keselamatan dan kesehatan pekerja, keselamatan dan kesehatan pekerja harus diterapkan dan dilaksanakan disetiap tempat kerja (perusahaan). Fokus Penelitian:1.Bagaimana Praktek Perlindungan Kerja di CV Buana Engineering terhadap Tenaga Kerja?; 2.Bagaimana Perlindungan Kerja di CV Buana Engineering terhadap Tenaga Kerja Perspektif Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan?; 3.Bagaimana Perlindungan Kerja di CV Buana Engineering terhadap Tenaga Kerja Perspektif Hukum Islam? Tujuan penelitian: 1.Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Perlindungan Hukum terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja di CV Buana Engineering; 2. Untuk mengetahui apakah Perlindungan Kerja bagi Tenaga Kerja di CV Buana Engineering sesuai dengan Undang-Undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan; 3. Untuk mengetahui apakah Perlindungan Kerja bagi Tenaga Kerja di CV Buana Engineering sesuai dengan Hukum Islam. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian Field Research. Sumber data dari penelitian ini ada 2 yaitu Sumber data primer dan skunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Kemudian data yang telah terkumpul akan di analisis dengan memanfaatkan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi), dilakukan secara terus-menerus hingga datanya jenuh (tidak diperoleh lagi data baru). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terkait dengan perlindungan kerja bahwa: 1. Perlindungan kerja di CV Buana Engineering dalam prakteknya masih sangat kurang dalam perlindungan terhadap tenaga kerja karena perjanjian yang dilakukan menggunakan perjanjian secara lisan akibatnya para pekerja kebanyakan tidak mengetahui apa hak-haknya yang didapat selama bekerja, 2. Perlindungan kerja yang diberikan perusahaan CV Buana Engineering yang sedemikian rupa itu belum sesuai dengan beberapa pasal yang ada di dalam Undang-undang Ketenagakerjaan mengingat bahwa pekerjaan yang ada diperusahaan sangatlah memungkinkan akan terjadinya kecelakaan kerja, 3. Perlindungan kerja yang diberikan perusahaan CV Buana Engineering yang sedemikian rupa itu belum maksimal, karena apabila di lihat dari maqasid syariah para pengusaha dianggap belum melaksanakan secara utuh tujuan dasar syariat islam yaitu menjamin hak kelangsungan hidup (hifz an-nafs).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:53
Last Modified: 27 Oct 2022 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item View Item