MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DALAM MEMBANGUN KOMPETENSI MODERASI BERAGAMA (Studi Multi Situs Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember dan Madrasah Aliyah Nurul Jadid Probolinggo)

Yunus, Yunus MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DALAM MEMBANGUN KOMPETENSI MODERASI BERAGAMA (Studi Multi Situs Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember dan Madrasah Aliyah Nurul Jadid Probolinggo). [Laporan Penelitian]

[img] Text
DISERTASI MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DALAM MEMBANGUN KOMPETENSI MODERASI BERAGAMA (Studi Multi Situs Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember dan Madrasah Aliyah Nurul Jadid Probolinggo).pdf

Download (10MB)

Abstract

Manajemen kurikulum kompetensi moderasi beragama merupakan isu yang menarik dikaji dalam kawasan manajemen pendidikan Islam. Revitalisasi madrasah aliyah program keagamaan diasumsikan melahirkan produk kader ulama yang memiliki pandangan keislaman, keindonesiaan, dan kemodernan dalam kaitannya dengan tafaqquh fiddin. Ada problem radikalisme yang harus dijawab dengan kurikulum moderasi beragama dan sikap moderat. Kurikulum sebagai inti pendidikan menjadi jalan pencerahan menangkal arus radikalisme yang menyasar masyarakat dan siswa madrasah. Fokus penelitian 1) bagaimana desain kurikulum kompetensi moderasi beragama, 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran kurikulum kompetensi moderasi beragama, dan bagaimana proses evaluasi kurikulum kompetensi moderasi beragama. Tujuan penelitian untuk menemukan (1) desain kurikulum kompetensi moderasi beragama; (2) pelaksanaan pembelajaran kurikulum kompetensi moderasi beragama; (3) proses evaluasi kurikulum kompetensi moderasi beragama. Dalam penelitian ini, landasan teori yang dijadikan panduan peneliti, yakni teori manajemen (pengelolaan) kurikulum Finch, C. R. & Crunkilton, J. R. serta kompetensi moderasi beragama dengan teori components of good character dari Thomas Lickona. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan; (1) wawancara mendalam, (2) observasi atau pengamatan, dan (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif analitis, yakni melalui proses menggali data, memaknai data dan menafsirkan makna data dengan teori manajemen kurikulum. Penelitian ini menemukan tiga hal pokok, yaitu pertama, desain kurikulum kompetensi moderasi beragama di madrasah aliyah program keagamaan MAN 1 Jember dan MA Nurul Jadid adalah rasional-deduktif meliputi analisis lingkungan internal dan eksternal, riset pengembangan kurikulum, komponen kurikulum dan isi kurikulum. Kedua, strategi pembelajaran kurikulum kompetensi moderasi beragama di madrasah aliyah program keagamaan MAN 1 Jember dan MA Nurul Jadid menerapkan holistik dan komprehensif. Ketiga, proses evaluasi kurikulum kompetensi moderasi beragama di madrasah aliyah program keagamaan MAN 1 Jember dan MA Nurul Jadid menghasilkan mutafaqqih fiddin, yakni ahli agama yang memberdayakan masyarakat. Aspek evaluasi meliputi supervisi klinis, uji kendali mutu dan ketercapaian outputs dan outcomes.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr. M.Pd. Yunus Muhammad
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:46
Last Modified: 27 Oct 2022 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item View Item