Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Menggunakan Media Konvensional dan Multimedia pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Tahun Pelajaran 2019/2020

DIAH MALINDA, FARRAH (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Menggunakan Media Konvensional dan Multimedia pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
FARRAH DIAH MALINDA_T20154009.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Belajar yang efektif dapat terlaksana salah satunya dengan cara memanfaatkan alat indra dalam proses pembelajaran. Selain itu penyajian materi ajar juga penting diberikan dengan cara penyampaian yang konkrit agar mudah dipahami oleh siswa. Salah satunya dengan memberikan contoh kegiatan seharihari. Seperti halnya pada pembelajaran tematik terpadu yang didalamnya terdiri dari tema-tema tentang lingkungan dan kehidupan sehari-hari siswa. Untuk mendukung hal tersebut, guru dapat memanfaatkan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran dibagi menjadi dua jenis, yaitu media pembelajaran konvensional dan media pembelajaran ICT (Information, Communication and Tecnology). Media pembelajaran konvensional merupakan media pembelajaran yang dalam pengoprasiannya tidak menggunakan program/aplikasi tertentu. Sedangkan media pembelajaran yang berbasis ICT salah satunya adalah multimedia. Media berbasis Multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar, grafik, sound, animasi, video, interaksi, dan lain-lain yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi). Pemilihan media yang tepat dan sesuai dengan proses pembelajaran, diharapkan mampu membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media konvensional dan multimedia pada pelajaran tematik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan rumus independent sample T-test di SPSS 22.00. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Tahun Pelajaran 2019/2020 menunjukkan bahwa: ada perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media konvensional dan Multimedia pada pembelajaran tematik dikelas V dengan hasil uji independent sample T-test pada data posttest bahwa diperoleh signifikansi 0,000 kurang dari taraf signifikansi (ɑ) = 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:02
Last Modified: 27 Oct 2022 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14111

Actions (login required)

View Item View Item