Perlindungan terhadap konsumen atas iklan yang tidak benar persepektif Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (studi kasus toko baju De’mode di Besuki).

Rif’an, Muhammad (2019) Perlindungan terhadap konsumen atas iklan yang tidak benar persepektif Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (studi kasus toko baju De’mode di Besuki). Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Muhammad Rif’an_083142047.pdf - Submitted Version

Download (54MB)

Abstract

Toko sebagai pusat pembelanjaan yang harus dipelihara eksistensinya dari prilaku yang buruk citranya, termasuk pelaku usaha yang tidak memperhatiakan perlindungan terhadap konsumen. Penelitian ini dikhususkan pada toko baju De’Mode di Besuki yang memasang iklan yang tidak benar antara isi iklan dan keadaan tidak sama. Maka keadaan ini menarik untuk di teliti lebih lanjut. . Fokus penelitian ini yakni: 1) Bagaimana iklan yang tidak benar yang dilakukan toko baju De’Mode di Besuki? 2) Bagaimana perlindungan terhadap konsumen atas iklan yang tidak benar yang dilakukan toko baju De’Mode di Besuki di tinjau Undang-Unandg No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui iklan yang tidak benar yang dilakukan oleh toko baju De’Mode di Besuki 2) Untuk mengetahui dan memahami aspek hukum atas iklan yang tidak benar yang dilakukan toko baju De’Mode di Besuki di tinjau dari Undang-Undang No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini menggunaka pedekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini, dapat dikemukakan kesimpulan sebagai berikut: 1) Toko baju De’Mode di Besuki telah memasang iklan yang tidak benar adanya, karena terdapat beberapa barang yang harganya tidak sama dengan harga yang tercantum dalam iklan dan pelaku usaha menjual barang selain harga yang terdapat diiklan. 2) kegiatan memasang iklan yang tidak benar yang dilakukan toko baju De’Mode di Besuki terdapat pelanggaran hak konsumen pada Pasal 4 huruf (g) karena kegiatannya memenuhi unsur-unsur yang terkandung dalam UUPK Pasal 9 ayat 1 huruf (a) dan Pasal 10 ayat 1. jadi perlindungan terhadap konsumen ditoko baju De’Mode di Besuki tidak terpenuhi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:06
Last Modified: 27 Oct 2022 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item