Manajemen Ekstrakurikuler Tahfidz dalam Mencapai Kriteris Ketuntasan Belajar di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Gayam Pulau Sapudi Tahun Pelajaran 2019/2020.

SA’DIYAH, LILIS FAJARATUS (2019) Manajemen Ekstrakurikuler Tahfidz dalam Mencapai Kriteris Ketuntasan Belajar di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Gayam Pulau Sapudi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
LILIS FAJARATUS SA’DIYAH_T20163038.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Ekstrakurikuler tahfidz yang ada di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum merupakan program satu-satunya yang ada di Pulau Sapudi. Untuk mencapai target hafalan yang di inginkan madrasah tersebut memerlukan manajemen yang baik dalam mengelolanya agar ekstrakurikuler tahfidz tetap berkembang dan menjadi daya tarik bagi Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum. Penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaiamana perencanaan ektrakurikuler tahfidz dalam mencapai kriteria ketuntasan belajar di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Gayam Pulau Sapudi Tahun Pelajaran 2019/2020? Bagaimana pelaksanaan ektrakurikuler tahfidz dalam mencapai kriteria ketuntasan belajar di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Gayam Pulau Sapudi Tahun Pelajaran 2019/2020? Bagaimana evaluasi ektrakurikuler tahfidz dalam mencapai kriteria ketuntasan belajar di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Gayam Pulau Sapudi Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan ektrakurikuler tahfidz dalam mencapai target hafalan di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Gayam Pulau Sapudi Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan ektrakurikuler tahfidz dalam mencapai target hafalan di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Gayam Pulau Sapudi Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi ektrakurikuler tahfidz dalam mencapai target hafalan di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Gayam Pulau Sapudi Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kriteria fenomenologi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan yang di dalalamnya ada penentuan tujuan disampaikan dalam forum dengan bersumber pada keinginan masyarakat, penetapan pembimbing diplih sesuai dengan keahlian di bidangnya yaitu mengajar mengaji di musholla yang ada kegiatan tahfidznya, dan penyediaan sarana dan prasarana disesuaikan dengan kebutuhan ekstrakurikuler tahfidz yaitu hanya Al-Qur’an, Apikasi Al-Qur’an di Hp, dan buku setoran 2) Pelaksanaan yang berupa pembinaan pembimbing bukan dari sekolah melainkan dilaksanakan secara mandiri oleh pembimbing itu sendiri, 3) Evaluasi untuk ekstrakurikuler tahfidz ini belum ada baik dari pihak pembimbing maupun dari kurikulum namun kepala sekolah tetap memantau kegiatan ekstrakurikuler tahfidz tersebut sehingga tetap berjalan dan berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Pemikiran Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:06
Last Modified: 27 Oct 2022 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item