Kegiatan Ekstrakurikuler Madrasah Diniyah dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Plus Al-Mujahidi Tembokrejo Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Syamsinur, Rif’at Humilatisy (2019) Kegiatan Ekstrakurikuler Madrasah Diniyah dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Plus Al-Mujahidi Tembokrejo Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Rif’at Humilatisy Syamsinur_T20151337.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya pengetahuan tentang ajaran Agama Islam dan minimnya kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di SMK Plus Al-Mujahidi Tembokrejo Gumukmas Jember sebagaimana latar belakang didirikannya ekstrakurikuler Madrazah Diniyah (Madin) yaitu ditemukannya beberapa peserta didik yang masih belum bisa mengaji dan lancar membaca Al-Qur’an serta minimnya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai ajaran Islam seperti praktik Ibadah yang belum sempurna. Beberapa permasalahan inilah yang mendorong pihak sekolah khususnya kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Al Mujahidi untuk membuat kegiatan penunjang dalam bentuk ekstrakurikuler Madrasah Diniyah (Madin). Adapun tujuan didirikannya kegiatan ini adalah untuk memudahkan siswa dalam belajar mendalami nilai-nilai Pendidikan Agama Islam terutama dalam pemahaman dan pengamalan nilai-nilai ibadah seperti praktik shalat dan pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an(BTQ) sebagai salah satu alternatif untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an siswa agar menjadi lebih baik dan lancar bacaannya. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan kegiatan Madrasah Diniyah dalam internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMK Plus A-Mujahidi Tembokrejo Gumukmas Tahun Pelajaran 2018/2019?; (2) Bagaimana Pelaksanaan kegiatan Madrasah Diniyah dalam internalisasi nilai-nilai Pendidikan agama Islam di SMK Plus A-Mujahidi Tembokrejo Gumukmas Tahun Pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana evaluasi kegiatan Madrasah Diniyah dalam internalisasi nilai-nilai Pendidikan agama Islam di SMK Plus A-Mujahidi Tembokrejo Gumukmas Tahun Pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan Jenis penelitian Studi Kasus. Subyek penelitian dilakukan dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu: Observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif milik Miles Hubberman dan Saldana, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi tekhnik dan sumber. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan 3 tahap yaitu: (a). Penentuan tujuan, dilakukan di awal semester dengan melibatkan semua guru pengajar ekstrakurikuler, (b) Penentuan metode pembelajaran pada awal semester yaitu Metode Sorogan, Metode Bandongan dan Iqra’.(c). Penentuan sumber pembelajaran berupa kitab Mabadi’ Fiqh dan buku pegangan Iqra’; 2) Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan sesuai dengan yang direncanakan yakni (a) Dalam pembelajaran Kajian Kitab menggunakan metode sorogan dan bandongan, sedangkan untuk program BTQ menggunakan Metode Iqro’; (b) sumber belajar yang digunakan adalah kitab Mabadiul Fiqh dan buku Iqra; (c) media yang digunakan manikin (miniature manusia) untuk praktik shalat jenazah; 3) Evaluasi yang dilakukan ada 2 yaitu: (a) Evaluasi harian setiap akhir pembelajaran secara satu persatu dalam bentuk tes lisan dan membaca (b). Evaluasi Akhir Semester (UAS) dalam bentuk ujian lisan dan praktik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:05
Last Modified: 27 Oct 2022 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14116

Actions (login required)

View Item View Item