Penguatan Pendidikan karakter siswa melalui gerakan literasi baca tulis di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi

Nafi’ah, Riyatun (2019) Penguatan Pendidikan karakter siswa melalui gerakan literasi baca tulis di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Riyatun Nafi’ah_T20151049.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya literasi anak di Indonesia adalah anak-anak kurang memiliki minat dalam membaca buku, di zaman sekarang ini anak-anak lebih memilih untuk bermain gadget dari pada menambah pengetahuan mereka, adanya kurang minat membaca Indonesia menjadi negara yang harus bisa mengembangkan minat baca siswa dengan cara melaksanakan kegiatan literasi. Di MAN 2 Banyuwangi ini diadakan gerakan literasi baca tulis karena salah satunya yaitu untuk memanfaatkan peningkatan minat baca pada anak. Sehingga penelitian ini dilakukan pada kegiatan gerakan literasi baca tulis. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penguatan pendidikan karakter moral dan kinerja siswa dalam gerakan literasi baca tulis di MAN 2 Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan penguatan pendidikan karakter moral dan kinerja siswa dalam gerakan literasi baca tulis di MAN 2 Banyuwangi? 3) Bagaimana monitoring penguatan pendidikan karakter moral dan kinerja siswa dalam gerakan literasi baca tulis di MAN 2 Banyuwangi? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan penguatan pendidikan karakter moral dan kinerja siswa dalam gerakan literasi baca tulis di MAN 2 Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter moral dan kinerja siswa dalam gerakan literasi baca tulis di MAN 2 Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan monitoring penguatan pendidikan karakter moral dan kinerja siswa dalam gerakan literasi baca tulis di MAN 2 Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Miles Huberman dengan langkah-langkahnya sebagai berikut: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian yaitu: (1) di MAN 2 Banyuwangi terdapat beberapa kegiatan literasi di antaranya literasi baca tulis, buka lapak, dan al-Ghozy Globel Award. Setiap kegiatan literasi diawali dengan tahap perencanaan pembuatan proposal, proposal dibuat oleh anggota perpustakaan kemudian diberikan kepada kepala sekolah untuk di setujui selain itu proposal dibuat agar kegiatan berjalan sesuai dengan yang diinginkan, (2) kemudian tahap pelaksanaan yaitu siswa diminta membaca buku 15 menit dan diberi waktu 1 jam untuk meresum buku untuk siswa yang kreatif akan diberi apresiasi berupa reward, (3) dan tahap monitoring pada tahap ini dilaksanakan oleh kepala sekolah dan kepala perpustakaan yang bertujuan untuk mengarahkan apabila kegiatan terdapat hambatan atau kendala sehingga kegiatan kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:05
Last Modified: 27 Oct 2022 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14117

Actions (login required)

View Item View Item