Implikasi Inovasi Teknologi Pertanian Pada Peningkatan Pendapatan Petani Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember

Imam, Khoyroni Luthfi (2022) Implikasi Inovasi Teknologi Pertanian Pada Peningkatan Pendapatan Petani Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Imam Khoyroni Luthfi_E20182291.pdf

Download (4MB)

Abstract

Imam Khoyroni Luthfi, Dr. H. Roni Subhan, M.Pd, 2022: Implikasi Inovasi Teknologi Pertanian Pada Peningkatan Pendapatan Petani Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Model pertanian adalah salah satu kegiatan pengembangan produksi dibidang agraris, pengembangan model pertanian sangat gencar dilakukan oleh sebagian besar masyarakat, terutama masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Hal itu dibuktikan dengan adanya sebagian masyarakat yang menggunakan pola pertanian modern. Hidroponik merupakan sebutan untuk sebuah teknologi bercocok tanam tanpa menggunakan tanah. Media untuk menanam di gantikan dengan media tanam lain seperti rockwool, arang sekam, zeolite, dan berbagai media yang ringan dan steril untuk di gunakan.
Fokus penelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana inovasi yang dilakukan oleh petani modern di Kecamatan Silo Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana proses peralihan dari pertanian tradisional ke pertanian modern di Kecamatan Silo Kabupaten jember?, 3) Bagaimana implikasi inovasi teknologi pertanian terhadap peningkatan pendapatan petani modern di Kecamatan Silo Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian skripsi ini yaitu: 1) Mendeskripsikan bagaimana inovasi yang dilakukan oleh petani modern di Kecamatan Silo Kabupaten Jember, 2) Mendeskripsikan proses peralihan dari pertanian tradisional ke pertanian modern di Kecamatan Silo Kabupaten Jember, 3) Mendeskripsikan bagaimana implikasi inovasi teknologi pertanian terhadap peningkatan pendapatan petani modern di Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Kesimpulan, 1. inovasi yang dilakukan dalam pertaniannya yaitu rata-rata menggunakan pertanian hidroponik dengan sistem NFT keunggulan dari pertanian ini yaitu yaitu air akan mengurangi jumlah oksigen, oleh sebab itu lapisan nutrisi dalam system NFT dibuat maksimal tinggi larutan 1-2 cm , sehingga kebutuhan nutrisi dan oksigen dapat terpenuhi, 2. Proses peralihan yang dilakukan terjadi karena petani sebelumnya banyak mengalami kendala seperti perawatan lahan tidak mudah, banyaknya hama, hasil panen naik turun akibat gagalnya panen, sehingga petani tertarik untuk menggunakan pertanian modern yang ditemukan melalui internet serta informasi dari lainnya, 3. Inovasi yang dilakukan dalam meningkatkan pendapatan para petani dikatakan cukup berhasil karena dari modal, luas lahan, teknologi, produksi dan pendapatan mengalami kemajuan seperti modal yang dikeluarkan lebih sedikit, lahan yang digunkan lebih meminimalisir, produksi yang lebih mudah dengan dibantu teknologi yang baik serta hasil yang di dapatkan lebih memuaskan di bandingkan pertanian sebelumnya.
Kata Kunci: Inovasi Teknologi Pertanian, Petani Konvensional, Petani Modern

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1001 Agricultural Biotechnology > 100104 Genetically Modified Animals
10 TECHNOLOGY > 1001 Agricultural Biotechnology > 100105 Genetically Modified Field Crops and Pasture
10 TECHNOLOGY > 1001 Agricultural Biotechnology > 100106 Genetically Modified Horticulture Plants
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: IMAM KHOYRONI LUTHFI
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:34
Last Modified: 27 Oct 2022 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14122

Actions (login required)

View Item View Item