Pola Komunikasi Minoritas Nasrani Di Tengah Masyarakat Mayoritas Muslim Di Dusun Paleran, Desa Cumedak, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember.

Lailatul Musyarrofah, Yusi Putri (2019) Pola Komunikasi Minoritas Nasrani Di Tengah Masyarakat Mayoritas Muslim Di Dusun Paleran, Desa Cumedak, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Yusi Putri Lailatul Musyarrofah_D20151027.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Kebersamaan dalam menjalankan aktifitas keagamaan pada masyarakat yang plural atau masyarakat yang memiliki lebih dari satu jenis kepercayaan akan menciptakan suatu kerukunan hidup beragama yang dilandasi oleh asas saling menghormati dan menghargai agama orang lain . Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya kerukunan hidup beragama dalam kehidupan masyarakat yang plural.Dari data yang penulis temukan di tempat penelitian bahwa dari jumlah penduduk 7932 jiwa, yang beragama Kristen di Desa Cumedak adalah 157 jiwa sedangkan yang beragama Islam adalah 7773 jiwa. Hal ini menunjukkan bahwa minoritas Nasrani harus mempunyai pola komunikasi yang baik serta strategi bertahan hidup ditengah mayoritas Muslim agar tidak terjadi konflik antar umat beragama. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1.) Pola komunikasi apa yang dilakukan mayoritas Muslim terhadap minoritas Nasrani dalam kehidupan sehari-hari? 2.) Bagaimana strategi bertahan hidup masyarakat minoritas Nasrani di tengah mayoritas Muslim di Dusun Paleran, Desa Cumedak, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang dipakai minoritas Nasrani dan mayoritas Muslim dalam kehidupan sehari-hari serta untuk mengetahui strategi yang dipakai minoritas Nasrani dalam bertahan hidup di tengah mayoritas Muslim di Dusun Paleran, Desa Cumedak, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi komunikasi dengan jenis penelitian penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan tekhnik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah pola komunikasi minoritas Nasrani dan mayoritas Muslim di Dusun Paleran, Desa Cumedak dalam kehidupan seharihari menggunakan pola komunikasi antarpribadi dan pola komunikasi kelompok. Pola komunikasi mayoritas Muslim dan minoritas Nasrani terbangun dengan baik, sehingga tercipta kerukunan antar umat beragama. Dalam berkomunikasi mereka menggunakan bahasa verbal dan nonverbal. Bahasa verbal yang digunakan menunjukkan bahwa umat beragama di Dusun Paleran merupakan masyarakat berdwibahasa, yakni selain menggunakan Bahasa Madura juga menggunakan Bahasa Indonesia. Bahasa verbal yang digunakan juga menunjukkan adanya tingkatan bahasa, khususnya bahasa madura yang digunakan secara khusus sesuai dengan nilai dan norma budaya Madura. Sementara bahasa nonverbal yang digunakan diantaranya gestur, postur, facial, dan sentuhan. Dan Strategi bertahan hidup yang mereka terapkan adalah strategi jaringan. Dimana strategi ini memanfaatkan jaringan sosial yang ada di Dusun Paleran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:15
Last Modified: 27 Oct 2022 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14123

Actions (login required)

View Item View Item