Sulhan, Najib. 2011. Panduan Praktis Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa Pembinaan Karakter Siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Fandagi, Beny Arya (2019) Sulhan, Najib. 2011. Panduan Praktis Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa Pembinaan Karakter Siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Beny Arya Fandagi_T20154061.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Tujuan pendidikan karakter adalah untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan. Melalui pendidikan karakter diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari”. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi wujud ideal pembudayaan karakter siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ?, (2) Bagaimana implementasi wujud abstrak pembudayaan karakter siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ? dan (3) Bagaimana implementasi wujud kongkrit pembudayaan karakter siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan implementasi wujud ideal pembudayaan karakter siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Mendeskripsikan implementasi wujud abstrak pembudayaan karakter siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 dan (3) Mendeskripsikan implementasi wujud kongkrit pembudayaan karakter siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenologis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, dengan keabsahan data menggunakan Triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Implementasi wujud ideal pembudayaan karakter siswa di MIN 6 Jember tahun pelajaran 2018/2019 dilaksanakan melalui penyediaan buku-buku penunjang, pengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam kurikulum sekolah dan sekolah mengadakan diskusi atau seminarseminar untuk meningkatkan karakter siswa melalui pembudayaan karakter, (2) Implementasi wujud abstrak pembudayaan karakter siswa pada MIN 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 dilakukan melalui pembiasaan yang dilakukan setiap hari di sekolah, juga mengadopsi adat istiadat setempat yang memiliki nilai-nilai karakter tinggi untuk diterapkan di sekolah dan (3) Implementasi wujud kongkrit pembudayaan karakter siswa pada MIN 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 dilakukan melalui organisasi sekolah, pemanfaatan bangunan sekolah untuk pembudayaan karakter siswa serta mengintensifkan kegiatan-kegiatan keagamaaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:15
Last Modified: 27 Oct 2022 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14124

Actions (login required)

View Item View Item