Pengembangan kecerdasan melalui kegiatan keagamaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

atul Ilma, Siti Mar (2019) Pengembangan kecerdasan melalui kegiatan keagamaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Siti Mar’atul Ilma_T20154013.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Terdapat tiga jenis kecerdasan yakni kecerdasan spiritual, kecerdasan emosioanal dan kecerdasan itekektual. Ketiga kecerdasan tersebut telah ada dalam diri manusia sejak lahir dan ada pula yang perlu dibentuk oleh lingkungannya. Di Madrasan Ibtidaiyah Negeri 03 Jember terdapat kegiatan yang bertujuan untuk mengembangan kecerdasan yakni kegiatan keagamaan antara lain: shalat, membaca asmaul khusna, membaca doa, baca tulis al-quran, dan tadarus. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana pengembangan kecerdasan spiritual melalui kegiatan keagamaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pengembangan kecerdasan emosional melalui kegiatan keagamaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengembangan kecerdasan melalui kegiatan keagamaan untuk meningktkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Field Research, subyek penelitian ditentukan menggunakan tehnik purposive, tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif (Miles & Huberman, 2014) melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan tehnik. Hasil dari Penelitian ini adalah: 1) pengembangan kecerdasan spiritual melalui kegiatan keagamaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dikatakan berhasil meningktkan motivasi siswa dalam pembelajaran agama dan siswa menjadi taqwa kepada Allah, akan tetapi tidak dalam pembelajaran umum. 2) Pengembangan kecerdasan emosional melalui kegiatan keagamaan untuk meningkatkan motivasi dikatakan berhasil dalam meningkatkan motivasi siswa dalam aspek siswa lebih termotivasi dalam sikap sabar, mempunyai jiwa kesadaran diri dalam melaksanakan kegiatan keagamaan.3) faktor pendukung : semangat guru dalam mengembangkan kegiatan keagamaan dan dukungan dari wali murid. Faktor penghambat : kurangnya guru yang alumni pesantren, kurangnya fasilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:15
Last Modified: 27 Oct 2022 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14125

Actions (login required)

View Item View Item