Analisis SWOT Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Kelas X Berdasarkan Kurikulum 2013 di MAN 3 Jember

Fuad, Iwan Hadiqul (2020) Analisis SWOT Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Kelas X Berdasarkan Kurikulum 2013 di MAN 3 Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Iwan Hadiqul Fuad_T20168012.pdf

Download (7MB)

Abstract

Keyword: Analisis SWOT, Pembelajaran biologi, Kurikulum 2013 MAN 3 Jember merupakan sekolah madrasah yang dibawah naungan kementrian agama. Kurikulum yang diterapkan di MAN 3 Jember menggunkan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013. Dalam proses pembelajarannya juga menerapkan pembelajaran yang berdasarkan kurikulum 2013 disemua mata pelajaran. Proses pembelajaran yang berdasarkan kurikulum 2013 menuntut siswa untuk lebih aktif salah satunya pada proses pembelajaran biologi. Pada pembelajaran biologi tidak hanya mengusung ceramah saja tetapi terdapat pembelajaran yang melibatkan sebuah benda yang berada disekitar kita dan dalam pembelajaran terdapat praktikum yang dilakukan oleh setiap siswa pada jurusan IPA. Dalam menerapkan pembelajaran biologi berdasarkan kurikulum 2013 tidak semua berjalan dengan lancar. Tidak menutup kemungkinan dalam pelaksanaannya terdapat kelebihan yang perlu dipertahankan dan kelemahan yang nantinya dibiarkan akan menjadi hambatan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana analisis SWOT pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X berdasarkan kurikulum 2013 di MAN 3 Jember? 2) Bagaimana upaya guru dan siswa dalam mengatasi kelemahan serta ancaman pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X berdasarkan kurikulum 2013 di MAN 3 Jember. Tujuan penelitiaan adalah: 1) Mendeskripsikan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X berdasarkan kurikulum 2013 di MAN 3 Jember. 2) Mendeskripsikan upaya guru dan siswa dalam mengatasi kelemahan dan ancaman pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X berdasarkan kurikulum 2013 di MAN 3 Jember. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi terus terang dan tersamar, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data (Data collection), reduksi data (Data reduction), penyajian data (Data display, dan Conclution drawing. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Dalam analisis SWOT pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X berdasarkan kurikulum 2013, dapat diketahui bahwa tidak sepenuhnya proses pembelajaran berjalan dengan lancar, terdapat suatu strenghts (kekuatan), yaitu dapat menciptakan KBM (kegiatan belajar menagajar) yang aktif dan efektif, penilaian pembelajaran yang meneyeluruh, dapat meingkatkan perkembangan siswa, dan banyak metode pembelajaran yang beragam. Weaknesses (kelemahan), yaitu kurangnya fasilitas dan media pembelajaran, kurangnya buku refrensi dan buku pedoman. Opportunities (peluang), yaitu siswa berani berkompetensi dilura sekolah seperti mengikuti olimpiade, bisa meningkatkan kualitas sekolah, berani bersaing masuk perguruan tinggi. Threats (ancaman) yaitu kejenuhan siswa karena lamanya jam belajar disekolahan, kesiapan mental siswa, letak atau jarak sekolah dari rumah siswa. 2) Upaya guru dan siswa mengatasi kelemahan serta ancaman tersebut dengan mencari alternatif lain seperti memanfaatkan sosial media. Guru mengganti pembelajaran yang tidak terlaksana dengan memberikan jurnal, artikel, vidio pembelajaran terkait mata pelajaran tersebut. Terdapatnya ancaman upaya guru dan siswa mengatasi dengan mengkonsultasikan atau mengkomunikasikan ketika siswa merasa terdapat ancaman terkait dengan kesiapan atau kurangnya alat dan bahan praktikum dalam proses pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X berdasarkan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 19 Feb 2021 08:03
Last Modified: 19 Feb 2021 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item View Item