Analisis Sistem Rekrutmen Karyawan Berbasis Lingkungan di UD Karya Murni Bondowoso

syarifah, atika maulidatus (2022) Analisis Sistem Rekrutmen Karyawan Berbasis Lingkungan di UD Karya Murni Bondowoso. Diploma thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Atika E20182334 watermark skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Atika Maulidatus Syarifah, Dr. Hj. Nurul Setianingrum, S.E, M.M 2022: Analisis Sistem Rekrutmen Karyawan Berbasis Lingkungan Di UD Karya Murni Bondowoso.

UD Karya Murni adalah tempat produksi yang melakukan suatu proses daur ulang dari plastik yang berjumlah 40-50 jenis. Rekrutmen yang dilakukan UD Karya Murni menggunakan rekrutmen berbasis lingkungan, arti dari rekrutmen berbasis lingkungan adalah serangkaian proses mencari, menemukan, mengajak juga menetapkan sejumlah orang, yang dipilih dari lingkungan sekitar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan spesifikasi atau karakter khusus yang dibutuhkan perusahaan atau organisasi tersebut.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan sistem rekrutmen karyawan berbasis lingkungan di UD Karya Murni Bondowoso. 2) Bagaimana implikasi sistem rekrutmen karyawan berbasis lingkungan pada volume produksi di UD Karya Murni Bondowoso.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan sistem rekrutmen karyawan berbasis lingkungan di UD Karya Murni Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan implikasi sistem rekrutmen karyawan berbasis lingkungan pada volume produksi di UD Karya Murni Bondowoso.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), data conculusion (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian ini adalah 1). Penerapan rekrutmen karyawan berbasis lingkungan menggunakan rekrutmen internal dari Rehiring dan rekrutmen eksternal dari Nepotisme. 2). Implikasi sistem rekrutmen karyawan berbasis lingkungan pada volume produksi memiliki kendala yang terjadi saat perekrutan karyawan yaitu kekurangan karyawan perempuan Kekurangan pada rekrutmen yaitu sumber daya manusia yang rendah dan kelebihan dari rekrutmen ini adalah tidak kesulitan dalam mencari atau merekrut karyawan laki-laki. Meski mengalami kekurangan dan kendala dalam perekrutan karyawan tidak mengurangi jumlah produksi karena dalam bekerja selalu di pantau, di awasi dan diberi arahan demi menjaga kualitas produksi dan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Kata kunci: rekrutmen karyawan berbasis lingkungan, daur ulang plastik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs atika maulidatus syarifah
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:46
Last Modified: 02 Nov 2022 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14134

Actions (login required)

View Item View Item