Analisis Penerapan Perlakuan Akuntansi Atas Aset Tetap Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 16 dan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) No. 07 Pada Rumah Sakit Daerah Balung Kabupaten Jember

Hasanah, Putri (2022) Analisis Penerapan Perlakuan Akuntansi Atas Aset Tetap Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 16 dan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) No. 07 Pada Rumah Sakit Daerah Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
PUTRI HASANAH_E20183118.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aset tetap merupakan aset berwujud yang diperoleh dan digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan, tidak untuk diperjualbelikan dan mempunya umur manfaat lebih dari satu tahun. Perlakuan akuntansi aset tetap yakni pengukuran, pengakuan, sangat dibutuhkan terutama pada lembaga atau instansi seperti rumah sakit yang difokuskan pada kesehatan masyarakat.
Fokus penelitian yang diteliti penulis dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana perlakuan akuntansi aset tetap pada RSD Balung Kabupaten Jember? 2). Bagaimana kesesuaian akuntansi aset tetap menurut PSAK No. 16 pada RSD Balung Kabupaten Jember? 3). Bagaimana kesesuaian akuntansi aset tetap menurut PSAP No. 07 pada RSD Balung Kabupaten Jember?
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1). Untuk mendeskripsikan dan menggambarkan perlakuan akuntansi aset tetap pada RSD Balung Kabupaten Jember. 2). Untuk mengetahui kesesuaian akuntansi aset tetap menurut PSAK No. 16 pada RSD Balung Kabupaten Jember. 3). Untuk mengetahui kesesuaian akuntansi aset tetap menurut PSAP No. 07 pada RSD Balung Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Menggunakan jenis penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data yang digali dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan cara terjun langsung ke lapangan dan langsung mewawancarai pihak terkait.
Hasil penelitian dari penelitian ini yakni: 1). Penerapan perlakuan akuntansi atas aset tetap pada RSD Balung yang meliputi Pengakuan, Pengukuran, pengeluaran setelah perolehan, penyusutan, penghentian pengakuan dan penyajian aset tetap pada prinsipnya sudah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. 2) Kesesuaian penerapan perlakuan akuntansi aset tetap menurut PSAK No. 16 dengan RSD Balung setelah melakukan analisis dan perbandingan sebagian besar telah sesuai, namun ada beberapa penerapan yang belum sesuai yakni pada pengeluaran setelah perolehan aset serta metode penghitungan penyusutan aset tetap yang dipakai RSD Balung. 3). Berdasarkan PSAP No. 07 penerapan perlakuan akuntansi aset tetap pada RSD Balung sebagian besar sudah sesuai yakni dapat dilihat dari seluruh komponen perlakuan akuntansi, dan terdapat ketidaksesuaian hanya pada bagaimana penghitungan penyustan aset tetap dan metode penyusutan aset tetap yang digunakan RSD Balung.
Kata Kunci : Akuntansi, Aset Tetap, PSAK No. 16, PSAP No. 07

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150199 Accounting, Auditing and Accountability not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Putri Hasanah
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:22
Last Modified: 27 Oct 2022 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item View Item