PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN MATEMATIKA MATERI SATUAN WAKTU KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rika, Yolanda (2022) PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN MATEMATIKA MATERI SATUAN WAKTU KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIKA YOLANDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan sebuah mata pelajaran yang menggabungkan beberapa mata pelajaran menjadi satu tema. Salah satu muatan pada pembelajaran tematik yaitu matematika. Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang membahas tentang angka dan suatu bilangan. Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas IIIA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana ini terdapat beberapa problematika yang dihadapi guru dan peserta didik, salah satunya adalah beberpa nilai peserta didik nilainya rata-rata 60-65 hal ini menunjukan nilainya masih dibawah KKM yaitu 70. Untuk mengatasi problematika tersebut, guru menerapkan salah satu model pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik yaitu model pembelajaran TAI Team Assisted Individual, model TAI ini merupakan model pembelajaran yang berkelompok yang berkemampuan heterogen.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Problematika pembelajaran Matematika Materi Satuan Waktu Di Kelas IIIA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana Penerapan Pembelajaran Matematika Materi Satuan Waktu Di Kelas IIIA Madrsah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana Tahun Peljaran 2021/2022?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus, subjek penelitian tekhnik purposive, teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Analisa data menggunakan model dari Miles Huberman dan Saldana dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitia ini yaitu; 1) Problematika pembelajaran matematika di kelas IIIA meliputi, a) faktor peserta didik meliputi peserta didik masih kesulitan dalam berhitung, pemahaman bahasa matematika siswa yang kurang, kesulitan dalam perseps visual dan persepsi auditori, kurangnya minat dan motivasi siswa, b)faktor guru meliputi guru belum menerapkan media dan metode pembelajaran yang bervariasi. Solusi dari problematika tersebut yaitu, menerapkan model pembelajaran yang menarik yaitu model TAI dan media pembelajaran. 2) penerapan pembelajaran matematika di kelas IIIA meliputi, a) perencanaan, guru menyiapkan silabus dan RPP, b) pelaksanaan, guru melaksanakan pembelajaran dengan model Team Assisted Individual yang terdiri dari kegiatan pendahuluan yaitu guru memberika pre test sebelum dibentuk kelompok, menyampaikan materi, pembagian soal, guru menutup pelajaran dengan doa dan salam, c) evaluasi, guru melakukan evaluasi pada 2 aspek yaitu aspek sikap dan aspek pengetahuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rika Yolanda
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:10
Last Modified: 01 Nov 2022 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14142

Actions (login required)

View Item View Item