Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf Kelompok A di Raudhatul Atfhal Darul Falah Sabrang Ambulu Jember tahun Pelajaran 2018/2019

AWANAH, SITI MU (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf Kelompok A di Raudhatul Atfhal Darul Falah Sabrang Ambulu Jember tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SITI MU’AWANAH_T201511076.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Siswa memiliki banyak problem dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran tematik sehingga nuansa kelas tidak berjalan kondusif. Oleh karena itu begitu penting untuk meningkatkan aktivitas belajar yang nyaman dan kodusif di dalam kelas. Hal itu diwujudkan dengan menggunakan media kartu huruf kelompok A. untuk membentuk kelompok ahli dan kelompok asal yang diharapkan dapat bekerja sama, bertukar pendapat dan selalu aktif selama mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini anak kelompok A Raudhatul Atfhal Darul Falah Sabrang Ambulu Jember, dengan usia 5-6 tahun dengan jumlah 25 anak. Objek dalam penelitian ini yaitu kemampuan membaca huruf. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa panduan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca huruf dapat ditingkatkan melalui permainan kartu huruf. Anak-anak diajak bermain kartu huruf, menyebutkan huruf yang ada pada kartu, menyebutkan gambar benda kemudian menyebutkan huruf depannya. Kemampuan mengenal huruf pada Prasiklus persentase rata-rata baru mencapai 48%, kemudian pada siklus I persentase rata-rata meningkat menjadi 76%. Sementara itu persentase rata-rata pada Siklus II mampu meningkat hingga 86%. Peningkatan dari Prasiklus ke Siklus I sebesar 28%, dan peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 10%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:16
Last Modified: 27 Oct 2022 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14143

Actions (login required)

View Item View Item