Kecerdasan VerbaL Linguistik pada Penerapan Dua Bahasa dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama Kraton Kencong Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas Taerbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Jember.

SHOLIHAH, NURIL MAR’ATUS (2019) Kecerdasan VerbaL Linguistik pada Penerapan Dua Bahasa dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama Kraton Kencong Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas Taerbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
NURIL MAR’ATUS SHOLIHAH_T20154041.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Salah satu sekolah tingkat dasar di Kabupaten Jember yang menerapkan pendidikan bilingual yaitu Sekolah Dasar Nahdatul Ulama Kraton Kencong Jember, program bilingual di Sekolah Tersebut masih berjalan selama dua tahun, program ini di terapkan pada kelas bawah, bahasa yang di gunakan yaitu Bahasa Jawa Krama Inggil dan bahasa Inggris, di kelas bawah penggunaan Bahasa Jawa Krama Inggil lebih ditekankan dari pada Bahasa Inggris. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan mendengar peserta didik? (2) Bagaimana kemampuan berbicara peserta didik? (3) Bagaimana kemampuan membaca peserta didik? (4) Bagaimana kemampuan menulis peserta didik pada penerapan dua bahasa dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama Kraton Kencong Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kemampuan mendengar peserta didik pada penerapan dua bahasa dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama. (2) Mendeskripsikan kemampuan berbicara peserta didik pada penerapan dua bahasa dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama. (3) Mendeskripsikan kemampuan membaca peserta didik pada penerapan dua bahasa dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama. (4) Mendeskripsikan kemampuan menulis peserta didik pada penerapan dua bahasa dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama Kraton Kencong Jember tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang di gunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penlitian: (1) Kemampuan mendengar peserta didik mendengar secara interaktif di kelas satu dan dua excellence peserta didik mengikuti pelajaran dengan baik, mulai dari kegiatan mendengar panjang pendek lagu, dan menceritakan kembali dongeng yang peserta didik tangkap. (2) Kemampuan berbicara peserta didik, peserta didik melaksanakan kegiatan berbicara secara interaktif, di kelas satu, peserta didik melakukan aktivitas bermain peran dalam aktivitas ini semua peserta didik dituntut untuk berbicara, di kelas dua, peserta didik melakukan kegiatan diskusi tentang sikap terhadap teman kemudian semua peserta didik mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (3) Kemampuan membaca peserta didik dilaksanakan dalam pembelajaran melalui membaca nyaring. (4) Kemampuan menulis peserta didik dilakukan melaui aktivitas riview atau meringkas dengan menggunakan strategi imajinatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:15
Last Modified: 27 Oct 2022 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14144

Actions (login required)

View Item View Item