Pola Pembinaan Santri dalam Pengendalian Perilaku Menyimpang di Pondok Pesantren Ar-Risalah, Desa Curahkates, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. Skripsi Prodi Bimbingan dan Konseling Islam. Jurusan Pemberdayaan Masyarakat Islam. Fakultas Dakwah IAIN Jember. Dosen Pembimbing H. Zainul Fanani, M.Ag.

NIKMAH, MASLAHATUN (2019) Pola Pembinaan Santri dalam Pengendalian Perilaku Menyimpang di Pondok Pesantren Ar-Risalah, Desa Curahkates, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. Skripsi Prodi Bimbingan dan Konseling Islam. Jurusan Pemberdayaan Masyarakat Islam. Fakultas Dakwah IAIN Jember. Dosen Pembimbing H. Zainul Fanani, M.Ag. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MASLAHATUN NIKMAH_D20153034.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Pondok pesantren menjadi salah satu lembaga pendidikan yang sudah terbilang tua di bangsa Indonesia. Selain itu, pondok pesantren juga dikenal sebagai lembaga untuk memperdalam ilmu pengetahuan maupun membina akhlak santri. Oleh karena itu, setiap pondok pesantren memiliki pola pembinaan yang berbeda-beda. Perbedaan itu bisa muncul dari karakter kyai maupun santrinya. Di dalam pondok pesantren pun tidak dapat dipungkiri adanya perilaku-perilaku menyimpang yang dilakukan santri sehingga pihak pondok harus memikirkan cara untuk mengendalikan perilaku menyimpang tersebut. Masalah inilah yang menarik perhatian penulis untuk mengkaji pola pembinaan santri dalam pengendalian perilaku menyimpang. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah apa faktor penyebab perlaku menyimpang santri? Dan bagaimanakah pola pembinaan terhadap perilaku menyimpang?. Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab perilaku menyimpang santri dan mendeskripsikan pola pembinaan terhadap perilaku menyimpang santri. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field reaserch) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Tujuannya adalah agar dapat menguraikan hasil analisis dengan detail. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa faktor penyebab perilaku menyimpang santri dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, pesantren/sekolah dan teman sebaya. Adapun pola pembinaan santri dalam pengendalian perilaku penyimpang dipondok pesantren Ar-risalah, desa Curahkates ini menggunakan tiga pola pembinaan, yakni pola pencegahan (preventive), pola penanganan (represive) dan pola kuratif. Pola preventif dilakukan untuk menjaga agar kenakalan itu tidak terjadi. Pola represif ketika santri telah melakukan perilaku menyimpang sehingga harus ada konsekuensi untuk santri tersebut. Dan pola pengendalian kuratif diberikan jika pola prefentif dan represif tidak bisa menjadi solusi dalam pengendalian perilaku menyimpang santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:15
Last Modified: 27 Oct 2022 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14145

Actions (login required)

View Item View Item