Implementasi Active Learning dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Kaliwining Rambipuji Tahun Pelajaran 2018/ 2019.

Isthofany, Romy (2019) Implementasi Active Learning dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Kaliwining Rambipuji Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Romy Isthofany_084158013.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran tematik diperlukan pembelajaran yang mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk itu guru perlu menerapkan active learning dalam pembelajaran tematik. Dalam active learning terdapat metode-metode yang bisa digunakan guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan mengaktifkan siswa. Fokus Penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Bagaimana implemetasi active learning dalam pembelajaran tematik pada fokus pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Kaliwining Rambipuji tahun pelajaran 2018/ 2019? 2) Bagaimana implemetasi active learning dalam pembelajaran tematik pada fokus pembelajaran seni budaya dan prakarya di Madrasah Ibtidaiyah Kaliwining Rambipuji tahun pelajaran 2018/ 2019? 3) Bagaimana implemetasi active learning dalam pembelajaran tematik pada fokus pembelajaran ilmu pengetahuan alam di Madrasah Ibtidaiyah Kaliwining Rambipuji tahun pelajaran 2018/ 2019? Tujuan penelitian ini, yakni 1) mendeskripsikan implemetasi active learning dalam pembelajaran tematik pada fokus pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Kaliwining Rambipuji tahun pelajaran 2018/ 2019; 2) mendeskripsikan implemetasi active learning dalam pembelajaran tematik pada fokus pembelajaran seni budaya dan prakarya di Madrasah Ibtidaiyah Kaliwining Rambipuji tahun pelajaran 2018/ 2019; 3) mendiskripsikan implemetasi active learning dalam pembelajaran tematik pada fokus pembelajaran ilmu pengetahuan alam di MI Kaliwining Rambipuji tahun pelajaran 2018/ 2019. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Desain yang digunakan adalah studi lapangan. Penelitian dilakukan di MI Kaliwining Rambipuji, dengan subjek penelitian siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini sebagai berikut. 1) Implemetasi active learning dalam pembelajaran tematik pada fokus pembelajaran bahasa Indonesia pada tahap perencanaan meliputi penentuan materi, penentuan metode, dan penyusunan evaluasi. Tahap pelaksanaan meliputi teks nonfiksi, penerapan metode diskusi dan pelaksanaan evaluasi. Proses evaluasi dengan teknik penilaian tes tertulis. 2) Implemetasi active learning dalam pembelajaran tematik pada fokus pembelajaran seni budaya dan prakarya pada tahap perencanaan meliputi penentuan materi, metode, dan penyusunan evaluasi. Tahap pelaksanaan meliputi materi pola lantai, penerapan metode praktik dan pelaksanaan evaluasi. Proses evaluasi dengan penilaian praktik tari. 3) Implemetasi active learning dalam pembelajaran tematik pada fokus pembelajaran ilmu pengetahuan alam pada tahap perencanaan meliputi penentuan materi, metode, dan penyusunan evaluasi. Tahap pelaksanaan meliputi penerapan metode bermain peran dan pelaksanaan evaluasi. Proses evaluasi dengan teknik penilaian tes tertulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:15
Last Modified: 27 Oct 2022 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14146

Actions (login required)

View Item View Item