Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Modal Kabupaten/Kota di Jawa Timur

Sabaniar, Sagita Nova (2022) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Modal Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sagita Nova Sabaniar Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum merupakan salah satu anggaran pemerintah yang digunakan untk memenuhi pelayanan publik. Hal tersebut dianggarkan ke dalam belanja modal daerah. Suatu daerah dapat dikatakan mandiri apabila daerah itu tidak bergantung pada bantuan dari pihak lain. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh daerah untuk bisa mengoptimalkan PADnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh signifikan terhadap Belanja Modal Kabupaten/Kota di Jawa Timur? (2) Apakah Dana Alokasi Umum (DAU) berpengaruh signifikan terhadap Belanja Modal Kabupaten/Kota di Jawa Timur? (3) Apakah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) berpengaruh secara simultan terhadap Belanja Modal Kabupaten/Kota di Jawa Timur?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dan jenis penelitian asosiatif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah realisai anggaran seluruh pemerintah daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Pengambilan sampel menggunakan pirposive sampling, dengan mengambil data PAD, DAU, dan Belanja Modal. alat analisis data berupa uji asumsi klasik, uji regresi liniear berganda, dan uji hipotesis.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) PAD berpengaruh secara signifikan terhadap Belanja Modal Kabupaten/Kota di Jawa Timur. (2) DAU berpengaruh secara signifikan terhadap Belanja Modal Kabupaten/Kota di Jawa Timur. (3) PAD dan DAU berpengaruh secara simultan terhadap Belanja Modal Kabupaten/Kota di Jawa Timur.
Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Belanaj Modal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150202 Financial Econometrics
Depositing User: Mrs Sagita Nova Sabaniar
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:18
Last Modified: 27 Oct 2022 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14147

Actions (login required)

View Item View Item