Peran Tri Pusat Pendidikan Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Madrasah Ibtida’iyah At-Taqwa Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019

SA’ADAH, LATIFATUS (2019) Peran Tri Pusat Pendidikan Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Madrasah Ibtida’iyah At-Taqwa Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
LATIFATUS SA’ADAH_084 144 076.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Tripusat pendidikan adalah konsep pendidikan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara pendiri Taman Siswa yang diakui sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Tripusat pendidikan yang dimaksud disini adalah lingkungan pendidikan meliputi pendidikan keluarga, pendidikan Sekolah dan pendidikan masyarakat. Setiap pribadi manusia yang akan selalu mengalami perkembangan dalam tiga lingkungan pendidikan tersebut. Pada garis besarnya kita mengenal tiga lingkungan pendidikan yang mana disebut Tripusat Pendidikan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran pendidikan Keluarga dalam Pembentukan Akhlak siswa di Madrasah Ibtida’iyah At- Taqwa Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana peran pendidikan Sekolah dalam Pembentukan Akhlak siswa di Madrasah Ibtida’iyah At- Taqwa Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana peran pendidikan Masyarakat dalam Pembentukan Akhlak siswa di Madrasah Ibtida’iyah At- Taqwa Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan Peran Pendidikan keluarga dalam pembentukan akhlak siswa di Madrasah Ibtida’iyah At-Taqwa Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019, 2) Mendeskripsikan Peran Pendidikan Sekolah dalam pembentukan akhlak siswa di Madrasah Ibtida’iyah At-Taqwa Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan Peran Pendidikan Masyarakat dalam pembentukan akhlak siswa di Madrasah Ibtida’iyah At-Taqwa Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitiani ini, adalah : Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunkan triangulasi metode dan sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Peran lingkungan keluarga terhadap pembentukan akhlak seorang anak sangatlah besar pengaruhnya karena merupakan pengalaman pertama bagi masa kanak-kanak, pengalaman ini merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan berikutnya, khususnya dalam perkembangan pribadinya. 2) Peran pendidikan sekolah dalam hal ini berfungsi mengembangkan kepribadian anak secara keseluruhan. Dalam pendidikan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab guru saja, melainkan juga seluruh unsurunsur sekolah Madrasah Ibtida’iyah At-Taqwa Bondowoso, 3) peran pendidikan masyarakat dimana manusia berusaha mendidik dirinya sendiri dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia di masyarakatny dalam bekerja, bergaul, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:18
Last Modified: 27 Oct 2022 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14155

Actions (login required)

View Item View Item